-->

Informasi Serba Definisi

Bank Soal Matematika SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Bank Soal Matematika SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Tutorial pembelajaran matematika kali ini akan membahas latihan soal matematika kelas 6 sd yang tentunya dilengkapi dengan pembahasan secara mendetil dan mudah dipahami.

Contoh soal matematika kelas 6 sd ini akan membahas beberapa soal yang sering ditanya dalam berbagai jenis ujian seperti tentang : Mengubah pecahan ke bentuk desimal dan sebaliknya, keliling dan luas lingkaran, bangun ruang dan lain sebagainya,.

Semoga latihan soal ini dapat membantu untuk mempersiapkan ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester matematika kelas 6 sd.

Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD

Soal No.1
Dibawah ini adalah benda yang berbentuk lingkaran, kecuali :
A. Jam dinding
B. Cermin bulat
C. Tutup panci
D. Atap rumah

Pembahasan
Lingkaran adalah bangun datar yang merupakan himpunan semua titik yang membentuk lengkungan tertutup dimana berjarak sama dari pusat lingkaran.

Contoh Benda Berbentuk Lingkaran :
  • Jam dinding
  • Gelang
  • Yoyo
  • Nampan bundar
  • Kompas
  • Uang logam
  • CD/DVD
  • Piring
  • Alas cangkir
  • Cermin bulat
  • Hulahop
  • Stir kendaraan
  • Pizza
  • Donat
  • Tutup kaleng
  • Tutup panci
  • Tutup ember
  • Pin berbentuk lingkaran
  • dsb

Atap Rumah adalah contoh benda yang berbentuk segitiga.

Jawab : D


Soal No.2
Perhatikan gambar di bawah ini secara seksama :
Gambar di atas adalah bangun ruang :
A. Kubus
B. Balok
C. Tabung
D. Limas Segitiga

Pembahasan
Berikut ini adalah nama-nama bangun ruang :


Jawab : C


Soal No.3
Bilangan 0,02 jika diubah dalam bentuk pecahan biasa adalah...
A.
1 / 50

B.
1 / 10

C.
2 / 5

D.
4 / 5

Pembahasan
0,02 =
2 / 100


Hasil diatas masih bisa disederhakan lagi dimana sama-sama kita bagi dengan angka 2, sehingga :
2 : 2 / 100 : 2
=
1 / 50


Jawab : A


Soal No.4
Bentuk pecahan biasa dari bilangan 4,5 adalah....
A.
9 / 5

B.
9 / 2

C.
2 / 5

D.
3 / 2


Pembahasan
4,5 =
45 / 10


Hasil diatas masih bisa disederhakan lagi dimana sama-sama kita bagi dengan angka 5, sehingga :
45 : 5 / 10 : 5
=
9 / 2

Jawab : B


Soal No.5
Bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut adalah ....
A. Tabung
B. Kubus
C. Bola
D. Balok

Pembahasan
Tabung adalah Bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut

Jawab : A


Soal No.6
Bangun ruang yang memiliki jumlah sisi = 5, rusuk = 9 dan titik sudut = 6 adalah ....
A. Tabung
B. Kubus
C. Prisma Segitiga
D. Balok

Pembahasan
No Bangun Ruang Sisi Rusuk Titik Sudut
1. Kubus 6 12 8
2. Balok 6 12 8
3. Prisma Segitiga 5 9 6
4. Prisma Segilima 7 15 10
5. Prisma Segienam 8 18 12
6. Tabung 3 2 0
7. Kerucut 2 1 1
8. Bola 1 0 0
9. Prisma Trapesium 6 12 8
10. Lima Segitiga 4 6 4
11. Lima Segiempat 5 8 5

Jawab : C


Soal No.7
Hasil dari 50 – (–10) adalah ...
A. 40
B. 60
C. 70
D. 30

Pembahasan
Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:
50 – (–10) = 50 + 10 = 60

Jawab : B


Soal No.8
Hasil dari 20 + (–10) adalah ...
A. 10
B. 30
C. -10
D. -30

Pembahasan
Ketika tanda positif (+) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi negatif (-), sehingga:
20 + (–10) = 20 - 10 = 10

Jawab : A


Soal No.9
Hasil dari -35 - (–10) adalah ...
A. 25
B. 45
C. -25
D. -30

Pembahasan
Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:
-35 - (–10) = -35 + 10 = -25

Jawab : C


Soal No.10
Hasil dari 122 – 102 adalah ....
A. 25
B. 40
C. 244
D. 44

Pembahasan
122 – 102 = (12 x 12) - (10 x 10)
⇔ 144 – 100
⇔ 44

Jawab : D


Soal No.11
Hasil dari √169 + √81 adalah ....
A. 22
B. 20
C. 244
D. 44

Pembahasan
√169 + √81
⇔ 13 + 9
⇔ 22

Jawab : A


Soal No.12
Hasil dari 62 - √169 adalah ....
A. 22
B. 23
C. 13
D. 20

Pembahasan
62 - √169 = (6 x 6) - 13
⇔ 36 - 13
⇔ 23

Jawab : B


Soal No.13
Hasil dari 4 x 30 ÷ 20 adalah ...
A. 2
B. 3
C. 6
D. 4

Pembahasan
4 x 30 ÷ 20 = ( 4 x 30 ) / 20
            = 120 / 20
            = 6

Jawab : C


Soal No.14
Bentuk persen (%) dari bilangan pecahan :
1 / 8
adalah ...
A. 20%
B. 30%
C. 12,5%
D. 40%

Pembahasan
Kalikan pecahan tersebut dengan 100% :
1 / 8
x 100%
100% / 8
= 12,5%

Jawab : C


Soal No.15
Bentuk persen (%) dari bilangan pecahan :
2 / 5
adalah ...
A. 20%
B. 30%
C. 12,5%
D. 40%

Pembahasan
Caranya adalah kalikan pecahan tersebut dengan 100% :
2 / 5
x 100%
200% / 5
= 40%

Jawab : D


Soal No.16
56% jika diubah dalam bentuk pecahan biasa adalah ....?
A.
23 / 50

B.
30 / 50


C.
4 / 5

D.
1 / 7



Pembahasan
Caranya adalah kalikan pecahan tersebut dengan
1 / 100
:
⇔ 56 x
1 / 100

56 / 100


Bila kita sederhankan lagi dengan masing-masing dibagi 2, maka di dapat :
56: 2 / 100 : 2
=
23 / 50


Jawab : A


Soal No.17
Pak Zakaria memiliki sebidang sawah dengan panjang 4,2 dam dan lebar 37 m. Maka keliling sawah Pak Zakaria adalah ....meter
A. 158 m
B. 128 m
C. 200 m
D. 300 m

Pembahasan
Panjang Sawah = 4,2 dam
Lebar Sawah = 37 m

Ditanyakan : Keliling Sawah dalam bentuk meter

Maka kita rubah semuanya dalam bentuk meter

1 dam = 10 meter, maka :
Panjang Sawah = 4,2 dam = 4,2 x 10 = 42 meter

Untuk memahami lebih lanjut bagaimana cara merubah dari suatu satuan ke satuan lainnya kunjungi tutorial berikut :
Konversi Satuan Panjang, Lengkap Dengan Banyak Contoh Soal

Keliling Sawah = 2 x (panjang + lebar)
Keliling Sawah = 2 x (42 + 37)
Keliling Sawah = 2 x (79)
Keliling Sawah = 158 m

Jawab : A


Soal No.18
1 / 4
abad +
3 / 2
windu + 2 dasawarsa = ....tahun
A. 57 tahun
B. 30 tahun
C. 17 tahun
D. 40 tahun

Pembahasan
1 Abad      = 100 Tahun
1 Dasawarsa = 10 Tahun
1 Windu     = 8 Tahun
1 Tahun     = 12 Bulan
1 Tahun     = 52 Minggu
1 Bulan     = 4 Minggu
1 Bulan     = 30 Hari
1 Minggu    = 7 Hari

1 / 4
abad =
1 / 4
x 100 tahun = 25 tahun
3 / 2
windu =
3 / 2
x 8 tahun = 12 tahun
2 dasawarsa = 2 x 10 tahun = 20 tahun

Jadi :
1 / 4
abad +
3 / 2
windu + 2 dasawarsa = 25 tahun + 12 tahun + 20 tahun = 57 tahun

Jawab : A


Soal No.19
Jumlah seluruh murid di SD Merdeka adalah 240. Jika jumlah murid perempuan di SD tersebut adalah
3 / 8
dari jumlah murid, maka banyak murid laki-laki adalah ....?
A. 90 murid
B. 240 murid
C. 190 murid
D. 150 murid

Pembahasan
Jumlah seluruh murid = 240
Jumlah murid perempuan =
3 / 8
x jumlah seluruh murid =
3 / 8
x 240 = 90

Jumlah seluruh murid = Jumlah murid perempuan + Jumlah murid laki-laki
240 = 90 + Jumlah murid laki-laki
240 - 90 = Jumlah murid laki-laki
150 = Jumlah murid laki-laki
Jumlah murid laki-laki = 150 murid

Jawab : D


Soal No.20
Perbandingan uang Budi dan Badu adalah 7 : 5. Apabila selisih uang mereka Rp 60.000, maka uang Budi adalah ....
A. Rp 150.000
B. Rp 210.000
C. Rp 200.000
D. Rp 110.000

Pembahasan
Perbandingan uang Budi dan Badu = 7 : 5
Selisih uang Budi dan Badu = Rp 60.000

Selisih perbandingan uang Budi dan Badu
= 7 – 5
= 2

Selisih uang / Selisih perbandingan
=
60.000 / 2


Uang Budi =
60.000 / 2
x 7
Uang Budi = 210.000

Jadi uang Budi = Rp 210.000

Jawab : B


Soal No.21
Sebuah segitiga mempunyai panjang alas 6 cm dan tinggi 8 cm. Luas segitiga tersebut adalah ... cm²
A. 48 cm²
B. 96 cm²
C. 24 cm²
D. 14 cm²

Pembahasan
a (alas) = 6 cm
t (tinggi) = 8 cm

Luas Δ =
1 / 2
x a x t
Luas Δ =
1 / 2
x 6 x 8
Luas Δ =
1 / 2
x 48
Luas Δ = 24 cm2

Jawab : C

Soal No.22
Jarak rumah Budi ke Sekolah adalah 1232 m. Untuk pergi ke Sekolah, Budi menggunakan sepedanya. Jika Budi mengayuh Sepeda dari Rumah ke Sekolah dan ternyata roda sepeda Budi berputar sebanyak 560 kali. Maka diameter roda sepeda Budi adalah... (π = 22/7)
A. 35 cm
B. 60 cm
C. 70 cm
D. 56 cm

Pembahasan
Jarak Ruma ke Sekolah = Jarak tempuh = 1232 m
Kita rubah ke satuan cm, sehingga:
Jarak tempuh = 1232 m
Jarak tempuh = 1232 x 100 cm
Jarak tempuh = 123.200 cm

Banyak putaran = 560 kali

Keliling roda = Keliling Lingkaran = 2πr

Jarak tempuh = Keliling roda × Banyak putaran
123.200 = 2 ×
22 / 7
× r × 560
123.200 = 3520r
3520r = 123.200
r =
123.200 / 3520

r = 35 cm

d = 2r
d = 2 x 35 cm
d = 70 cm

Jadi diameter roda sepeda Budi adalah 70 cm

Jawab : C


Perhatikan tabel di bawah ini untuk mengisi soal nomor 23 dan 24!
Hobi Siswa Jumlah
Sepak Bola 23
Badminton 7
Menari 4
Menyanyi 10
Melukis 5

Soal No.23
Dari tabel di atas, maka jumlah data siswa yang menjawab pertanyaan tentang hobi adalah ..
A. 40
B. 29
C. 60
d. 49

Pembahasan
Jumlah data hobi siswa = 23 + 7 + 4 + 10 + 5
Jumlah data hobi siswa = 49 siswa


Soal No.24
Jika ada tambahan 10 siswa yang didata, 4 siswa menyatakan hobinya menyanyi dan 4 siswa menyatakan hobinya menari dan 2 siswa menyatakan hobinya melukis. Maka hobi siswa paling sedikit adalah...
A. Menari
B. Melukis
C. Sepakbola
D. Menyanyi

Pembahasan
Setelah ada penambahan 10 siswa yang menyatakan hobi dimana : 4 siswa hobi menyanyi, 4 siswa hobi menari dan 2 siswa hobi melukis, maka perubahan data hobi siswa menjadi :
Hobi Siswa Jumlah
Sepak Bola 23
Badminton 7
Menari 8
Menyanyi 14
Melukis 7

Jawab : B


Soal No.25
Sebuah drum berbentuk tabung mempunyai ukuran tinggi dan diameter yang sama,yaitu 56 dm. Maka volume drum tersebut jika diisi air hingga penuh adalah ...
A. 137.984 dm³
B. 137.500 dm³
C. 222.984 dm³
A. 150.000 dm³

Pembahasan
diameter(d) = 56 dm
tinggi(t) = 56 dm
jari-jari(r) = 1/2 x d = 1/2 x 56 dm = 28 dm

Volume Drum = π x r2 x t
Volume Drum =
22 / 7
x 282 x 56
Volume Drum = 137.984 dm³

Jawab : A


Soal No.26
Nilai yang paling banyak muncul dalam data disebut ....
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Mines

Pembahasan
  • Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam suatu kumpulan data
  • Median adalah data atau nilai tengah setelah data-data diurutkan terlebih dahulu.
  • Mean adalah nilai rata-rata dari sejumlah data, dimana kita jumlahkan nilai-nilai tersebut lalu dibagi dengan banyaknya data

Jawab : B


Soal No.27
Nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyak setelah data diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar disebut ...
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Mines

Pembahasan
Median adalah data atau nilai tengah setelah data-data diurutkan terlebih dahulu. Nilai tengah ini akan membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya.

Jawab : C


Soal No.28
Hasil suatu pengamatan terhadap tinggi pohon adalah:
9m, 8m, 10m, 12m, 12m, 11m dan 12m
Modus dari data di atas adalah ...
A. 8
B. 9
C. 10
D. 12

Pembahasan
Data tinggi pohon : 9m, 8m, 10m, 12m, 12m, 11m dan 12m
Modus adalah nilai yang paling sering muncul. Dari data tersebut, yang paling sering muncul adalah 12m

Jawab : D

Share this: