Informasi Serba Definisi

Apa itu internet of things dan Komponen IoT

Apa itu internet of things dan Komponen IoT

Dalam pembahasan serba definisi kali ini, kita akan membicarakan  segala sesuatu yang berkaitan dengan Internet of Things atau yang disingkat dengan IoT.

Saat ini tren pemanfaatan dari perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat mulai dirasakan oleh hampir semua orang. Hal ini tidak terlepas dari dukungan infrastruktur internet yang mulai merata di berbagai belahan dunia, sehingga melahirkan konsep-konsep baru dalam mendukung kebutuhan user yang beragam.Salah satu yang menjadi pembicaraan hangat saat ini adalah Internet Of Things (IoT)

Apa itu Internet Of Things (IoT) ?

IOT adalah sebuah sistem yang saling menghubungkan perangkat yang tertanam dengan sensor (embedded sensor), perangkat lunak (software), konektivitas jaringan (internet) dan perangkat elektronik lainnya yang diperlukan untuk mengumpulkan dan melakukan pertukaran data  terhadap sebuah objek .

Secara sederhananya, IoT dapat diartikan adalah komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lain dengan bantuan software melalui jaringan internet.

Pada dasarnya tidak ada definisi standar dari IoT, namun kita tetap dapat mengambil keypoint dari IoT itu sendiri, yaitu :
  • Adanya embedded sensor
  • Adanya software
  • Jaringan Internet
  • Perangkat elektronik lainnya

Siapa yang memperkenalkan istilah IoT ?

Berdasarkan halaman situs iot-analytic, Kevin Ashton  merupakan orang pertama yang sebenarnya memperkenalkan istilah tersebut pada tahun 1999. Walaupun sebenarnya konsep yang mirip seperti IoT telah dikenal lama, namun istilah pada saat itu bukanlah IoT, melainkan konsep "embedded internet" dan "perpasive computing".

Manfaat Internet Of Things  ?

Pada dasarnya manfaat dari IoT itu sendiri bertujuan untuk untuk membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita pun dapat mengambil keputusan yang terbaik dan tercepat dari informasi realtime yang disajikan oleh penerapan IoT.

Manfaat secara spesifik dari IoT bergantung pada penerapan IoT itu sendiri, misal: jika diterapkan pada Mall maka manfaatnya dapat menganalisa berapa tingkat kepadatan pengunjung.

Komponen-komponen IoT

Untuk memahami pemahaman kita tentang IoT yang dikutip dari halaman situs computer.org  tentang implementasi IoT pada sebuah mobil yang dideksripsikan sebagai berikut :

Sehingga kita dapat menyimpulkan pada dasarnya IoT dibentuk oleh beberapa komponen yang secara garis besarnya diuraikan dalam tabel berikut :
Komponen IoT Deskripsi
Physical Objects Misal : lampu, jendela dsb
Sensor Mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik
Actuator Komponen yang menggerakkan atau mengontrol sebuah mekanisme atau sistem, seperti: rem
Virrtual Object Things seperti lampu, jendela yang diwakili dengan sebuah icon dalam sebuah aplikasi
People User yang mengendalikan melalui Mobile Apps
Service Sistem yang mengolah data berdasarkan data yang diperoleh oleh sensor
Platform Middleware used to connect the various components of the IoT
Network Kombinasi teknologi nirkabel atau kabel dan protokol yang menyediakan konektivitas dan menghubungkan semua komponen IOT


Implementasi Internet of Things

Saat ini Internet of Things sudah  banyak diterapkan di beberapa bidang keilmuan dan industri, seperti dalam bidang ilmu kesehatan, informatika, geografis dan beberapa bidang ilmu lainnya. Berikut ini beberapa contoh penerapan IoT:

1. Smart Traffic



(Sumber: advantech-bb.com)

IoT dalam bidang manajemen lalu lintas dapat berguna untuk menganalisa lalu lintas kendaraan bermotor di jalan, mulai dari tingkat kemacetan di jalan, kecepatan rata-rata kendaraan bermotor, jalan alternatif jika ada kemacetan, dimana semua informasi tersebut diberikan secara realtime.

2. Smart Farming



(Sumber: onfarm.com)

IoT dalam bidang pertanian dapat dimanfaatkan utuk menganalisa pertumbuhan tanaman sehingga menghasilkan hasil panen yang maksimal, seperti : mendeteksi jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman, informasi kelembapan tanah, informasi cuaca, informasi sumber daya air yang terbatas yang tersedia untuk mengurangi pemborosan air dsb.

3. Home Automation


(Sumber:alliotcloud.com)

IoT  untuk home automation atau lebih dikenal dengan smart home dapat digunakan untuk memonitor penggunaan segala energi yang ada di dalam rumah kita, memonitor air, mendeteksi kondisi terbuka atau tertutupnya pintu dan jendela, mendeteksi keberadaan manusia/binatang dsb.

Masih banyak contoh-contoh penerapan atau implementasi dari IoT ini, bahkan trend ini akan terus berlanjut sehingga akan dihasilkan terapan IoT dalam segala lini kehidupan yang tujuannya memang untuk mempermudah pekerjaan kita.

Video tentang IoT

Agar menjadi lebih kuat lagi pemahaman kita tentang IoT, dibawah ini tersedia video youtube tentang impelementasi IoT :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments