-->

Informasi Serba Definisi

Apa itu ikatan Ion, ikatan Kovalen dan ikatan Logam

Apa itu ikatan Ion, ikatan Kovalen dan ikatan Logam

Serba Definisi kali ini akan menengahkan materi kimia dengan topik pembahasan adalah jenis-jenis ikatan kimia yang meliputi : ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam.

Ikatan Kimia merupakan sebuah gaya tarik menarik yang kuat antara atom-atom tertentu bergabung membentuk molekul atau gabungan ion-ion sehingga keadaannya menjadi lebih stabil.

Daftar Isi

Definisi Ikatan Kimia

Ikatan kimia merupakan suatu ikatan yang terbentuk antar atom atau antar molekul dengan cara sebagai berikut :
  • atom yang 1 melepaskan elektron, sedangkan atom yang lain menerima elektron (serah terima elektron)
  • penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari masing-masing atom yang berikatan
  • penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan

Salah satu tujuan dari pembentukan ikatan kimia adalah agar terjadi pencapaian kestabilan suatu unsur dimana elektron yang berperan pada pembentukan ikatan kimia adalah elektron valensi dari suatu atom/unsur yang terlibat.

Kita dapat melihat salah satu petunjuk dalam pembentukan ikatan kimia adalah adanya satu golongan unsur yang stabil yaitu golongan VIIIA atau golongan 18 (gas mulia). Maka dari itu, dalam pembentukan ikatan kimia; atom-atom akan membentuk konfigurasi elektron seperti pada unsur gas

Apa itu Ikatan Ion ?

Ikatan ion adalah sebuah ikatan yang disebabkan adanya gaya tarik-menarik antara ion positif dan ion negatif. Ikatan ini terjadi antara unsur logam dan unsur nonlogam. Suatu senyawa yang mengandung ikatan ion disebut senyawa ionik.

Pada ikatan ion, unsur yang cenderung melepaskan elektron adalah unsur logam sedangkan unsur yang cenderung menerima elektron adalah unsur non logam.

Contoh ikatan ion:
NaCl —> Na+ + Cl-
Bedasarkan contoh diatas, NaCl terurai menjadi ion positif (Na+) dan ion negatif (Cl-).
Senyawa ionik memiliki "ciri-ciri ikatan ion" sebagai berikut :
  • mempunyai titik didih dan titik leleh tinggi;
  • berwujud padat pada suhu kamar;
  • bersifat konduktor dalam keadaan murni.

Apa itu Ikatan Kovalen ?


Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan pasangan elektron secara bersama oleh dua atom yang berikatan. Ikatan ini terjadi akibat ketidakmampuan salah satu atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron (terjadi pada atom-atom non logam).

Ikatan kovalen terbentuk dari atom-atom unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi serta beda keelektronegatifannya lebih kecil dibandingkan ikatan ion. Atom non logam cenderung untuk menerima elektron sehingga jika tiap-tiap atom non logam berikatan maka ikatan yang terbentuk dapat dilakukan dengan cara mempersekutukan elektronnya dan akhirnya terbentuk pasangan elektron yang dipakai secara bersama.

Pembentukan ikatan kovalen dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron tersebut harus sesuai dengan konfigurasi elektron pada unsur gas mulia yaitu 8 elektron (kecuali He berjumlah 2 elektron).


Terdapat beberapa jenis ikatan kovalen :
  • Ikatan kovalen tunggal.
    Ikatan kovalen tunggal adalah ikatan yang menggunakan sepasang elektron.
    Contoh pembentukan molekul hidrogen.
  • Ikatan kovalen rangkap dua.
    Ikatan kovalen rangkap dua adalah ikatan yang menggunakan 2 pasang elektron.
    Contoh pembentukan molekul O­2
  • Ikatan kovalen rangkap tiga.
    Ikatan kovalen rangkap tiga adalah ikatan yang menggunakan tiga pasang elektron.
    Contoh pembentukan N2 (gas nitrogen)
  • Ikatan kovalen koordinasi.
    Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen dimana pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari satu atom saja.
    Contoh Pembentukan NH4+

Apa itu Ikatan Logam ?

Ikatan logam adalah ikatan yang terjadi akibat adanya gaya tarik menarik yang terjadi antara muatan positif dari ion-ion logame dengan muatan negatif dari elektron-elektron yang bebas bergerak.

Share this: