Informasi Serba Definisi

Definisi garis demarkasi dan contoh garis demarkasi

Definisi garis demarkasi dan contoh garis demarkasi

Serba Definisi kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan garis demarkasi ?.

Pada zaman dahulu, ketika indonesia masih dalam penjajahan sering kita mendengar adanya suatu upaya gencatan senjata yang diusahakan oleh pihak ketiga dengan tujuan tidak bertambah banyaknya korban yang berjatuhan.

Nah, dalam masa gencatan senjata tersebut dibagilah wilayah menjadi area yang sering disebut dengan zona gencatan senjata yang ditandai dengan garis demarkasi. Dari sini kita akan lebih memperdalam makna dari garis demarkasi tersebut.

Apa itu garis demarkasi ?

Garis demarkasi ialah garis pemisah yang ditentukan dalam perundingan gencatan senjata oleh pihak yang sedang bertikai atau terlibat peperangan.

Terkadang garis Demarkasi disamakan dengan garis Van Mook. Hal ini karena pernah ada sebuah perbatasan buatan yang memisahkan wilayah milik Belanda dan Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia yang diciptakan setelah perjanjian Renville pada Januari 1948. Dinamakan Van Mook karena dicetuskan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu yang bernama Dr. H. Van Mook

Jadi disini kedua belah pihak yang bertikai tidak boleh melakukan aksi militer di wilayah yang dibatasi garis demarkasi tersebut. Dan tentunya daerah tersebut menjadi zona aman yang tidak boleh dilanggar oleh kedua belah pihak.

Contoh-Contoh Garis Demarkasi

Berikut ini beberapa contoh garis demarkasi yang pernah terjadi dibeberapa belahan dunia, seperti :
  • Mason-Dixon  line(atau "Garis Mason dan Dixon") adalah garis demarkasi antara empat negara A.S., yang membentuk bagian dari perbatasan Pennsylvania, Maryland, Delaware, dan West Virginia (yang kemudian menjadi bagian dari Virginia).
  • Blue line adalah garis batas perbatasan antara Lebanon dan Israel yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 7 Juni 2001 untuk tujuan menentukan apakah Israel telah benar-benar menarik diri dari Lebanon.
  • Purple line adalah garis gencatan senjata antara Israel dan Suriah setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967.
  • Green line (Lebanon) merujuk pada garis demarkasi di Beirut, Lebanon selama Perang Sipil Lebanon 1975-1990. Garis ini memisahkan faksi-faksi Muslim di Beirut Barat dari Beirut Timur yang mayoritas Kristen yang dikontrol oleh Front Lebanon.
  • McMahon line adalah garis yang memisahkan Cina dan India, yang digambar di peta yang dilampirkan pada Simla Convention, sebuah perjanjian yang dinegosiasikan antara Inggris Raya, China, dan Tibet pada tahun 1914.
  • Foch line adalah garis demarkasi sementara antara Polandia dan Lithuania yang diajukan oleh Entente setelah Perang Dunia I

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments