-->

Informasi Serba Definisi

Apa itu Fidget Spinner, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Apa itu Fidget Spinner, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Serba Definisi kali ini akan membahas sebuah permainan yang menjadi trend saat ini yaitu sebuah permainan menyerupai baling-baling (roda kecil) yang nantinya kita dapat menempelkan satu jari kita dan diputar dengan jari lainnya di tanggan yang sama.

Ya..permainan ini dikenal dengan istilah Fidget Spinner. Memiliki ukuran yang kecil, dapat dibawa kemana-mana (bahkan dimasukin dalam saku celana), dapat dimainkan dimana saja tentunya permainan tersebut sangat digandrungi oleh semua lapisan.

Apa itu Fidget Spinner

Fidget Spinner adalah sebuah produk yang dari katanya berasala dari bahasa inggris, yaitu terdiri dari kata "Fidget" yang bermakna "Gelisah atau Cemas" dan kata "Spinner" yang bermakna "Pemutar atau Pemintal".

Jadi sudah bisa dipastikan mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan seseorang.

Fidget Spinner ini memiliki baling-baling kecil yang dapat nempel di satu jari dan diputar dengan jari lainnya di tangan yang sama. Kita hanya berusaha menjaga keseimbangan putaran jari kita agar dapat terus berputar.
Advertisemen

Sejarah Fidget Spinner

Produk ini pertama kali diperkenalkan untuk mengurangin kebiasaan buruk seseorang  seperti menghilangkan rasa cemas atau bosan ketika sedang tidak ada sesuatu yang dilakukan. Fidget Spinner ini dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Setelah masa paten kaduluarsa dan dilakukan perpanjangan, maka banyak perusahaan yang memproduksi jenis Fidget Spinner.


Manfaat memainkan Fidget Spinner

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari memainkan produk fidget spinner, diantaranya :
  • Dengan bermain fidget spinner akan memberikan suatu relaksasi tersendiri bagi para pemain.
  • Dapat dijadikan sebagai salah satu tool dalam melatih dan meningkatkan konsentrasi serta fokus.
  • Diharapkan dengan memainkan fidget spinner dapat menghilangkan rasa gugup atau cemas yang berlebihan;
  • Dengan memainkan fidget spinner dapat juga melatih fungsi otak kiri dan kanan. 

Jenis-Jenis Fidget Spinner

1. EWR Spinner Fidget Toy

Produk Fidget Spinner ini merupakan jenis fidget spinner yang cukup diminati oleh anak muda dan sekaligus salah satu yang paling laris dipasaran. Desain dari produk ini dianggap menarik dan sederhana. Fidget spinner jenis ini memiliki kekuatan berputar rata-rata antara 1 sampai 3 menit.

2. Axle By Destroyer Brands
Desain dari fidget ini memiliki tiga sisi yang bergerigi dimana bagian pemutarnya terletak pada bagian tengah. Walaupun memiliki desain bergerigi, namun cukup aman dimainkan dan geriginya sendiri terbuat dari plastik


3. Batman Hand Spinner
Jenis Fidget yang satu ini tentunya diperuntukkan bagi pengguna yang menyukai film Batman. Seperti yang kita ketahui dalam film tersebut memiliki senjata yang mirip dengan Spinner tersebut. Maka dari itu muncul jenis Fidget Spinner seperti ini.

4. Dual Wave Spinner
Walaupun tergolong spinner yang memiliki desain yang cukup sederhana, namun spinner satu ini merupakan spinner yang bergelombang. Ketika diputar maka aka membuat pola yang unik


5. Victorem Metal Hand Spinner

Jenis spinner satu ini terlihat sangat elegan, mungkin lebih sesuai bagi orang dewasa dalam memainkan fidget spinner yang memperhatikan juga desain bodynya. Bahan dasar dari dari spinner ini sendiri ialah logam tembaga dan kuningan dengan satu titik putar pada bagian tengah.

Share this: