Informasi Serba Definisi

Apa itu negara G8 dan Anggota G8

Apa itu negara G8 dan Anggota G8

Serba Definisi kali akan membahas sebuah forum atau perkumpulan yang disebut dengan Group of Eight yang disingkat dengan G8.

Sebelumnya kita juga telah membahas tentang beberapa forum atau asosiasi beberapa negara seperti : APEC, OPEC, G20 dan lain-lainnya.

Nah dalam pertemuan serba definisi kali ini, kita akan mempelajari satu lagi asosiasi yang disebut dengan kelompok G8 ini kemudian kita akan mempelajari negara mana-mana saja yang tergabung dalam G8 tersebut.

Apa itu negara G8 ?

G8 merupakan singkatan dari Group of Eight yang disering diistilah sebagai G8. Negara G8 adalah koalisi delapan negara termaju di dunia.


Kelompok Delapan (G8) mengacu pada kelompok delapan negara industri maju : Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia yang mengadakan pertemuan tahunan untuk mendorong konsensus mengenai isu-isu global seperti :
  • Pertumbuhan ekonomi dan manajemen krisis, 
  • Keamanan global
  • Energi dan 
  • Terorisme.

Forum ini memungkinkan presiden dan perdana menteri, serta menteri keuangan dan menteri luar negeri mereka untuk secara jujur mendiskusikan isu-isu internasional yang mendesak. 

Sejarah terbentuknya G8

Ketika kelompok ini dibentuk pada tahun 1975, ia dikenal sebagai G6, yang terdiri dari Perancis, Jerman Barat, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. G6 dimaksudkan untuk memberi kekuatan industri utama dunia nonkomunis sebagai tempat untuk menangani masalah ekonomi, yang pada saat itu mencakup inflasi dan resesi yang dipicu oleh krisis minyak pada tahun 1970an. Politik Perang Dingin selalu memasuki agenda kelompok.

Saat ini, G8 terdiri dari enam anggota piagamnya, selain Kanada, yang bergabung pada tahun 1976, dan Rusia, yang menjadi anggota yang sepenuhnya berpartisipasi pada tahun 1998. Uni Eropa adalah anggota kesembilan yang "tidak dihitung"; Diwakili oleh presiden Dewan Eropa dan Komisi Eropa, Uni Eropa berpartisipasi sebagai setara. GDP agregat dari negara-negara G8 membentuk sekitar 50 persen dari ekonomi global.

Meskipun tidak ada kriteria formal untuk keanggotaan, negara-negara anggota diharapkan menjadi negara demokrasi dan memiliki ekonomi yang sangat maju. G8, tidak seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, bukanlah institusi formal, dan tidak ada piagam atau sekretariat. Kepresidenan, posisi yang bertanggung jawab untuk merencanakan pertemuan tingkat menteri dan pertemuan puncak tahunan, berputar di antara negara-negara anggota.

Proposal kebijakan dipadukan pada pertemuan tingkat menteri yang mendahului KTT tahunan. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral terus bertemu sebagai G7 untuk membahas masalah ekonomi internasional; Kelompok ini terdiri dari semua negara bagian G8 kecuali Rusia. Semua G8 menyatakan, bagaimanapun, berpartisipasi dalam pertemuan para menteri luar negeri.

Namun pada tahun 2014 Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan para pemimpin dunia lainnya, memutuskan mengakhiri peran Rusia dalam kelompok negara-negara industri terkemuka, G8. Hal ini didasari atas aneksasi Crimea oleh Rusia

Anggota G8

Berikut ini adalah negara-negara maju yang tergabung dalam kelompok G8 tersebut:
  • Kanada
  • Perancis
  • Jerman
  • Italia
  • Jepang
  • Britania raya
  • Amerika serikat
  • Rusia
Krisis di Ukraina menyebabkan Rusia keluar dari pertemuan G8 pada 2014 lalu, sehingga jumlah negara anggota menjadi tujuh dan mengubah nama forum tersebut kembali ke G7.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments