Informasi Serba Definisi

Apa yang dimaksud dengan garis meridian ?

Apa yang dimaksud dengan garis meridian ?

Serba Definisi kali ini akan menengahkan pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan garis meridian ?.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah memahami tentang apa itu garis khatulistiwa atau yang biasa disebut juga dengan garis ekuator, maka pembahasan berikutnya dalam topik kali ini kita akan memahami tentang garis meridian.

Pengertian Garis Meridian

Garis meridian adalah garis khayal pada permukaan bumi, tempat kedudukan titik-titik dengan bujur yang sama, menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Dengan demikian setiap titik di permukaan bumi memiliki meridiannya sendiri-sendiri. Sebuah titik di suatu meridian ditentukan posisinya oleh lintang. Setiap meridian selalu tegak lurus dengan lingkaran lintang. Tiap-tiap meridian memiliki panjang yang sama, yaitu setengah dari lingkaran besar bola bumi.

Garis Meridian 0 derajat juga disebut sebagai garis Meridian Utama. Garis ini saling tegak lurus dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan.

Istilah "meridian" berasal dari bahasa Latin, meridies, yang berarti "tengah hari" (atau "midday" dalam bahasa Inggris); Matahari melintasi titik di atas suatu meridian yang merupakan titik setengah jalan lintasannya antara saat terbit dan tenggelam. Akar kata Latin yang sama digunakan juga untuk menyebut istilah A.M. dan P.M. yaitu suatu pernyataan waktu untuk memisahkan jam-jam dalam satu hari ketika dinyatakan dalam sistem 12 jam.

7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Jika Pontianak salah kota di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa, maka kota mana saja di dunia yang yang di lewati oleh garis 0 derajat Meridian?.

Berikut ini adalah daftar-daftar kota yang dilalui garis meridian 0 derajat:
  1. Greenwich, London 0°00′
    Kota Greenwich berada di London dan sejak tahun 1884 telah ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu dunia yang dikenal dengan sebutan GMT (Greenwich Mean Time).

  2. Lomé, Togo +1°12′
    Kota Lome berada di negara Togo yang sekaligus merupakan ibu kota Negara.Lome terletak di sisi laut atlantik dan menghadap ke Teluk Guyana. Kota ini merupakan salah satu kota di dunia yang di lewati oleh garis meridian 0 derajat.

  3. Ouagadougou, Burkina Faso -1°32′
    Ouagadougou adalah ibu kota negara Burkina Faso. Nama kota ini sering disingkat menjadi Ouaga

  4. Niamey, Niger +2°6′
    Niamey merupakan ibu kota dari negara Niger yang sekaligus mejadi kota terbesar di Niger. Populasi penduduknya sekitar 800,000 jiwa (2000) dengan luas wilayah yang dimiliki adalah670 km². Kota Niamey menjadi pusat administratif, ekonomi, budaya. Adapun jenis-jenis industri yang terdapat di kota tersebut adalah : batu bata, keramik, semen, dan tenun.

  5. Paris, France +2°21′
    Siapa yang tidak tahu Paris ?. Ya, kota Paris merupakan destinasi wisata paling diminati oleh masyarakat dunia. Salah satu tempat yang menjadi minat wisatawan adalah menara Eiffel yang menjadi tempat banyak orang untuk melamar kekasihnya, pemandangannya sangat indah, dan tempat dimana kamu bisa mendapatkan makanan yang nikmat.Selain itu kota Paris ini diidentikkan sebagai kota yang romantis karena banyak bangunan kuno yang indah yang membuat para wisatawan menikmati dalam mengunjunginya.

  6. Accra, Ghana 0°12′
    Accra merupakan Ibu Kota dari Negara Ghana. Menurut sejarahnya kota ini didirikan pada abad ke 15 sebagai pusat perdagangan Bangsa Portugal.

  7. Madrid, Spain at 3°41′
    Bagi anda penggemar dunia sepakbolah, tentunya nama Madrid sudah tidak asing lagi. Ya, di kota tersebut terdapat klub sepakbola yang cukup terkenal (Real Madrid). Madrid merupakan ibukota dan kota terbesar di Spanyol. Kota ini terletak di Sungai Manzanares di bagian tengah negara Spanyol.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments