Informasi Serba Definisi

Penggunaan Moreover dan Furthermore beserta Contoh Kalimat

Penggunaan Moreover dan Furthermore beserta Contoh Kalimat

Materi pembelajaran Bahasa Inggris kali ini akan mempelajari tentang penggunaan "Moreover" dan "Furthermore". Kita akan melihat apakah kedua kata tersebut memiliki perbedaan atau bahkan dianggap sinonim diantara keduanya dan bisa saling dipertukarkan penggunaannya.

Topik tentang "Moreover" dan "Furthermore" termasuk topik yang paling sering dipertanyakan, terutama dalam soal-soal seperti test TOEFL ataupun IELTS.

Nah karena mengingat perlunya materi tersebut, mari kita pahami baik-baik kedua kata penghubung tersebut.

Apa itu Furthermore dan Moreover ?

Furthermore dan Moreover merupakan dua kata penghubung yang paling banyak digunakan dalam bentuk penulisan (the most common linking words in written English).

Pada dasarnya "Furthermore" dan "Moreover" sama maknanya seperti "In addition" dan "Additionally".  Namun Furthermore dan Moreover digunakan lebih formal.

Untuk bacaaan lengkap tentang "Ind Addition" dan "Additionally", silahkan kunjungi tutorial :
Penggunaan In Addition Dan Additionally Beserta Contohnya

Lalu apa arti dari Furthermore dan Moreover ?

Seperti disebutkan di atas, furthermore dan moreover mirip dengan "in addition" dan "additionally", maka kedua kata tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tambahan terhadap informasi awal yang telah disebutkan pada kalimat tersebut.

Jika kita artikan kedua kata tersebut dalam bahasa indonesia, makna yang lebih tepat adalah : 
  • "Selain itu" 
  • "Terlebih lagi"
  • "Lagi pula" 
  • "Apalagi"
Contoh :
The student's essay was badly written. Moreover, it was too short.
(Esai siswa tersebut ditulis dengan buruk. Apalagi esainya terlalu pendek).

Reading is an excellent way to increase your vocabulary. Furthermore, it can also help you improve your grammar.
(Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosa kata . Selain itu, membaca dapat juga membantu anda memperbaiki tata bahasa).


Apakah Furthermore dan Moreover memiliki perbedaan ?

Memang ada yang mengatakan kedua kata tersebut berbeda, dimana Moreover digunakan untuk memberikan informasi tambahan dari sudut pandang secara subjektif.

Sedangkan Furthermore digunakan untuk memberikan informasi tambahan dari sudut pandang secara objektif.

Namun lebih banyak literatur yang menyatakan kedua kata tersebut sama saja. Lagipula jika anda perhatikan garis bawah untuk perbedaan "Moreover" dengan "Furthermote", sama-sama menekankan pada informasi tambahan.

Jadi, kesimpulannya apa ?

Kesimpulannya, kedua kata tersebut "Moreover" dengan "Furthermote" bermakna sama saja. Bahkan bisa kita katakan kedua kata tersebut saling sinonim.

Contoh Kalimat Penggunaan Furthermore

  1. Smoking is a bad habit because it smells bad and it can damage your health. Furthermore, it is a very expensive habit. (Merokok adalah kebiasaan buruk karena baunya tidak enak dan bisa merusak kesehatan anda. Selain itu, merokok adalah kebiasaan yang membutuhkan biaya yang mahal).

  2. He graduated with the highest scores in his class, furthermore he got a scholarship to study abroad.(Dia lulus dengan nilai tertinggi di kelasnya, selain itu dia mendapat beasiswa untuk belajar ke luar negeri).

  3. No, I don't want to go to dinner with you. Furthermore, I'd like you to stop asking me out because I'm really not interested. (Tidak, saya tidak ingin pergi makan malam dengan kamu. Selain itu, saya ingin kamu berhenti bertanya kepada saya karena saya benar-benar tidak tertarik.)

  4. Recycling is an easy way to conserve natural resources; furthermore, it can help reduce garbage disposal costs. (Daur ulang adalah cara mudah untuk melestarikan sumber daya alam. Selain itu, daur ulang dapat membantu mengurangi biaya pembuangan sampah).

Contoh Kalimat Penggunaan Moreover

  1. The politician is too old to be our president. Moreover, he is not trustworthy. (Politisi itu terlalu tua untuk menjadi presiden kita. Apalagi dia tidak bisa dipercaya).

  2. Students are given too many tests these days. Moreover, they don’t have enough free time. (Siswa diberi banyak tes akhir-akhir ini. Selain itu, mereka tidak punya cukup waktu luang).

  3. Smoking can be cause of many illnesses. Moreover, It may harm non-smokers. (Merokok dapat mendatangkan banyak penyakit. Selain itu, merokok membahayakan bagi  bukan perokok)

  4. Diet and exercise will help you lose weight. Moreover, it is good for your health. (Diet dan olahraga akan membantu menurunkan berat badan. Apalagi bagus untuk kesehatan Anda.)

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments