Informasi Serba Definisi

Fungsi dan Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang

Fungsi dan Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang

Dalam mata pelajaran biologi kali ini, kita akan membahas berbagai macam kelainan atau gangguan pada tulang belakang.

Tulang belakang merupakan salah satu unsur sistem gerak pada manusia yang tersusun dari 26 ruas yang masing-masing dihubungkan oleh cakram tulang rawan fibrosa.

Pada tutorial sebelumnya tentang "Jenis-Jenis Kelainan, Gangguan dan Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia", kita telah menyinggung beberapa kelainan pada tulang belakang. Nah dalam tutorial ini, kita akan lebih perluas lagi macam-macam kelainan pada tulang belakang. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang gangguan tulang belakang, terlebih dahulu kita akan memahami peranan atau fungsi dari tulang belakang.

Fungsi Tulang Belakang

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan tulang belakang pada sistem gerak manusia :
  1. Sebagai penopang tubuh bagian atas dan bawah
  2. Melindungi organ dada.
  3. Membuat tubuh lentur dan fleksibel dalam bergerak
  4. Sebagai penyokong berat tubuh.
  5. Tulang belakang berfungsi menghasilkan sel darah merah dan mineral

Macam-Macam Kelainan Tulang Belakang

Berikut ini adalah beberapa gangguan yang terdapat terjadi pada tulang belakang jika terjadi gangguan fungsinya :
  • Skoliosis Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yang melengkung kesamping sehingga tubuhpun ikut melengkung ke samping. 
  • Kifosis Kifosis adalah kelainan pada tulang belakang yang melengkung ke belakang,dengan demikian akan menyebabkan tubuh menjadi bungkuk.
  • Lordosis Lordosis adalah kelainan pada tulang belakang dimana bagian perut melengkung ke depan sehinnga bagian perut maju
  • Sublikasi Sublikasi adalah gangguan pada tulang belakang dimana kepala tertarik ke arah kiri atau kanan akibat posisi kepala mengalami perubahan . Sublikasi umumnya terjadi karena kecelakaan atau gerakan yang melebihi batas.
  • Stenosis
    Stenosis adalah gangguan pada tulang belakang dimana terjadi penyempitan jarak antara vertebrae yang menyebabkan adanya tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf.
  • Ankylosing spondylitis
    Ankylosing spondylitis adalah penyakit kronis yang menyebabkan tulang belakang mengalami peradangan. Penyakit ini juga bisa membuat ruas tulang belakang melebur sehingga penderita sulit bergerak dan menjadi bungkuk
  • Spina bifida
    Spina bifida merupakan cacat lahir yang biasanya ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments