Informasi Serba Definisi

Arti Kaleidoskop dalam menjelang Tahun Baru

Arti Kaleidoskop dalam menjelang Tahun Baru

Dalam kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan makna dari Kaleidoskop. Menjelang tahun baru, beberapa stasium tv banyak membuat segmen acara yang dimulai dengan nama Kaleidoskop.

Bagi para pecinta ilmu fisika, mungkin istilah Kaleidoskop ini tidak begitu asing. Seperti yang kita ketahui bahwa Kaleidoskop ini merupakan salah satu alat optik yang ditemukan  oleh ilmuwan asal Skotlandia bernama Sir David Brewster pada tahun 1816.  Kaleidoskop ini terbuat dari beberapa cermin yang disusun dengan sudut kemringan tertentu sehingga dapat menghasilkan pantulan cahaya dengan warna yang indah.

Lalu apa maksudnya acara-acara Kaleidoskop ketika menyambut pergantian tahun baru (menjelang tahun baru) ?.

Nah dalam kesempatan ini, kita akan mengupas apa arti dari Kaleidoskop yang ditinjau dari asal usul kata dan juga pengertian Kaleidoskop dari kamus besar bahasa indonesia (kbbi).

Arti Kaleidoskop dari Asal Usul Kata

Kata Kaleidoskop berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari tiga kata, yakni :
  • kalos yang bermakna  indah,
  • eidos yang artinya bentuk 
  • skopos yang artinya adalah melihat.
Dalam pengertian secara keseluruhan, kaleidoskop merupakan suatu instrumen yang menjadikan kita mampu menyaksikan benda-benda apa pun yang berbentuk indah.

Arti Kaleidoskop menurut kamus bahasa indonesia

Jika kita lihat pengertian dari Kaleidoskop menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) adalah :
kaleidoskop/ka·lei·dos·kop/ /kaléidoskop/ n 1 alat optik yang bentuk luarnya seperti keker, dilengkapi dengan dua kaca persegi panjang yang dipasang pada lapisan dalam pada salah satu ujungnya sehingga dapat memperlihatkan pelbagai gambaran yang indah dan simetris dari kepingan barang berwarna yang diletakkan di antaranya apabila dilihat dari ujung yang lain; 2 aneka peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat

Nah kalo kita lihat pengertian pada no.1 mirip dengan pengertian Kaleidoskop dari sisi asal usul kata.

Ketika kita membicarakan Kaleidoskop seperti pada acara-acara menjelang tahun baru, arti no.2 pada kamus besar bahasa indonesia ini lebih mewakili makna Kaleidoskop tersebut.

Makna lain yang dapat kita simpulkan dari arti Kaleidoskop itu sendiri adalah suatu refleksi bahwa kita pernah mengalami peristiwa-peristiwa historis baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Proyeksi mengenai masa depan, secara optimistik maupun pesimistik, juga disajikan.

Contoh - Contoh Acara Kaleidoskop

Pada dasarnya acara Kaleidoskop bisa dibuat dalam satu susunan acara yang memuat banyak berita penting seperti : politik, ekonomi, hukum, budaya, bencana dan tema-tema lainnya. Namun terkadang ada juga media yang membuat acara Kaleidoskop dengan mengangkat topik spesifik seperti :
  • Kaleidoskop Bencana
    Menyajikan jenis bencana, wilayah yang diterjang bencana, serta jumlah korban dan kerugian harta benda akibat bencana tersebut.
  • Kaleidoskop Politik
  • Penyajian peristiwa penting seperti : pilkada, kepala daerah yang terlibat korupsi, kepala daerah yang berprestasi dsb.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments