Informasi Serba Definisi

Apa itu Sekolah Tinggi, Akademi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi Komunitas

Apa itu Sekolah Tinggi, Akademi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi Komunitas

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan kita semua. Beranjak dari kita kecil mulai mengenyam pendidikan yang sesuai dengan umur sampai kita dewasa pun masih ada tingkatan pendidikan yang dapat kita raih.

Jadi mempersiapkan diri dalam memilih pendidikan terutama untuk kategori Perguruan Tinggi (PT) menjadi bagian dalam mempersiapkan masa depan kita kelak nantinya.

Disamping ada berbagai jenis tingkatan pendidikan di Perguruan Tinggi (sampai S3), terdapat juga berbagai macam model penyelenggaraan Perguruan Tinggi (PT) yang kita kenal, seperti :
  • Sekolah Tinggi
  • Akademi
  • Universitas
  • Institut
  • Politeknik
  • Akademi Komunitas


Nah dalam kesempatan ini, serba definsi akan membahasnya satu persatu, sehingga kita semua dapat memahami perbedaan model Perguruan Tinggi tersebut.

Apa itu Sekolah Tinggi ?

Sekolah tinggi merupakan salah satu model Perguruan Tinggi yang dapat menyelenggarakan pendidikan akademik atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Ciri-ciri umum yang terlihat dari sebuah Sekolah Tinggi adalah cuma cuma terdiri dari satu fakultas yang terbagi ke dalam berbagai jurusan.

Jadi Sekolah Tinggi ini bisa dikatakan representasi dari sebuah fakultas pada sebuah Universitas. Jika terdapat Sekolah Tinggi Ilmu Komputer, maka Perguruan Tinggi tersebut hanya menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan Fakultas Ilmu Komputer tersebut.

Dalam penamaan kampusnya, kadang sudah diringkas seperti:
  • STIKOM untuk menyebut Sekolah Tinggi Ilmu Komputer, 
  • STT untuk menyebut Sekolah Tinggi Teknik 

Apa itu Universitas ?

Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang dapat menyelenggarakan pendidikan dalam ruang lingkup rumpun ilmu tanpa batas.

Penyelenggarakan pendidikan dalam universitas dapat berbentuk pendidikan akademik dan dapat juga berbentuk pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi. Jika telah memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Walaupun Universitas dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi, masyarakat umumnya melihat universitas itu lebih sebagai penyelenggaran pendidikan akademik.

Umumnya kita melihat sebuah universitas terdapat banyak sekali fakultas, seperti terdapatnya fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas hukum dsb. Jadi bisa dikatakan universitas ini dapat menyelenggarakan semua jenis ilmu pengetahuan.

Apa itu Institut?

Insititut adalah Perguruan Tinggi yang dapat menyelenggarakan pendidikan akademik atau pendidikan vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang sejenis.

Ciri umum  yang terlihat dari jenis perguruan tinggi ini adalah adanya sejumlah fakultas yang bergerak di jenis rumpun ilmu yang sama. Misalnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), di mana semua rumpun ilmu di ITS akan fokus pada unsur teknik dan teknologi.

Apa itu Politeknik ?

Nah Politeknik ini merupakan model Perguruan Tinggi yang fokus kepada pendidikan vokasi. Jika kita mengenal SMA dan SMK, maka SMK ini bisa dikatakan Politekniknya untuk sekolah tingkat atas.

Jadi dapat dikatakan Politeknik ini adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Tingkat pendidikan di Politeknik sering hanya setingkat D-III (masa studi 3 tahun). Namun karena kebutuhan lulusan Politeknik sering dibutuhkan dan dianggap benar-benar menguasai ilmu terapan, ada semacam perluasan tingkat pendidikan atau level dalam Politeknik. Dimana sekarang kita mengenal sistem belajar D-IV(masa studi 4 tahun, setingkat S1 di Universitas). Bahkan terdapat juga program S-2 terapan.

Apa itu Akademi ?

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Jeni Perguruan Tinggi ini memiliki artian yang lebih sempit dari pada Sekolah Tinggi ataupun Politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang keilmuan saja.

Bebeberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan. Akademi-akademi tersebut hanya fokus pada keilmuan yang dipelajari sesuai dengan namanya. Jika Akper (akademi keperawatan), maka ia fokus pada pendidikan vokasi keperawatan saja, demikian juga akbid (akademi kebidanan).

Apa itu Akademi Komunitas ?

Jenis Perguruan Tinggi yang satu ini mungkin belum tentu familiar di masyarakat. Disamping itu karena masa studi yang maksimal dua tahun, maka masyarakat lebih sering mengambil program D-III yang tersedia di Politeknik atau Universitas.

Jadi Akademi Komunitas adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments