Informasi Serba Definisi

Apa itu negara,kawasan atau semenanjung Indochina

Apa itu negara,kawasan atau semenanjung Indochina

Serba definisi kali ini akan membahas tentang suatu istilah Indochina. Jika anda salah satu pecinta film layar lebar, mungkin anda pernah menonton film dengan judul "Savage Dog". Film tersebut sering menyebut istilah negara Indochina.

Lalu kira-kira apa yang disebut dengan Indochina tersebut ?. Apakah suatu negara baru atau perbaduan dua negara ?.

Arti dari Indochina

(Photo Credit:http://clevoyages.com/english/indochine.html)
Indochina merujuk kepada suatu kawasan di Asia Tenggara yang mempunyai pengaruh budaya peradaban India dan peradaban China. Kawasan ini berbatasan dengan negara India di sebelah timur dan di belah selatan dengan negeri China.

Negara-negara apa saja yang termasuk Indochina

Seperti yang disebutkan diatas, bahwasanya Indochina lebih merujuk kepada suatu kawasan ataupun semenanjung. Jadi kawasan atau semenanjung Indochina ini terdiri dari beberapa negara, yaitu :
  • Vietnam
  • Kamboja
  • Laos
Vietnam lebih dipengaruhi pengaruh China sementara Kemboja, Laos lebih mirip kepada pengaruh India.

Asal-muasal penamaan Indochina

Istilah Indochina berasal dari kolonisasi Prancis pada pertengahan abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20. Sebuah "federasi protektorat kolonial" - dengan kata lain sebuah kerajaan, yang kedua hanya seukuran Kerajaan Inggris - dibentuk pada tahun 1887, terdiri dari wilayah-wilayah yang disita oleh Prancis: Kamboja, Laos, dan Vietnam modern sekarang.

Federasi ini dikenal sebagai Indocina Prancis - atau "Indochine", dalam bahasa Prancis merupkan kombinasi antara India dan China, mengakui kedekatan kedua negara tersebut dan pengaruh budaya yang signifikan terhadap negara-negara yang bersangkutan. Indochina Prancis memiliki ibukota di Hanoi.

Batas geografis Indocina sangat terkait dengan fitur di lapangan, terutama Sungai Mekong, yang melintasi ketiga negara. Pada saat pemerintahan Prancis, Vietnam dibagi menjadi tiga wilayah, semua protektorat Prancis masing-masing: Tonkin di utara; Cochinchina di selatan, dan Annam di tengahnya.

Federasi Indocina Prancis tidak bertahan lama: pada tahun-tahun selama dan setelah Perang Dunia Kedua, daerah tersebut mengalami pergolakan politik dan perang yang luar biasa, dan sejarah menjadi terlalu rumit dan dilibatkan untuk memberikan penjelasan rinci di sini. Cukuplah untuk mengatakan bahwa, setelah bertahun-tahun konflik yang dikenal sebagai Perang Indocina Pertama (yang dipimpin oleh Ho Chi Minh, yang namanya diadopsi untuk mengganti nama Saigon), Vietnam akhirnya melepaskan peraturan Prancis untuk selamanya pada tahun 1954, ketika Kesepakatan Jenewa berlangsung Mencoba untuk membangun perdamaian di wilayah ini. Perancis secara resmi mengundurkan diri, dan ketiga negara Indocina menjadi independen. Vietnam terbagi menjadi Utara Komunis dan anti-Komunis: perpecahan menjadi latar belakang, tentu saja, bagi Perang Vietnam, yang dimulai tidak lama kemudian.

Kesimpulan

Sekarang kita telah mengetahui negara-negara mana yang termasuk kawasan atau semenanjung Indochina, yaitu : Vietnam, Kamboja dan Laos.

Jika melihat film yang berhubungan dengan Indochina, negara yang sering diangkat adalah Vietnam. Bahkan banyak yang mengidentikkan juga bahwa Indochina adalah nama lain negara Vietnam masa kependudukan Perancis.

Hal ini tidak lain karena ibukota Indochina berada di Hanoi yang merupakan ibukota Vietnam sekarang, Jadi pastinya lebih sering dianggkat negara Vietnam yang menggambarkan kawasan Indochina.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments