Informasi Serba Definisi

Pengertian,Keunggulan dan Standar Teknologi 5G dari METIS

Pengertian,Keunggulan dan Standar Teknologi 5G dari METIS

Serba definis kali ini akan membahas tentang teknologi jaringan 5G. Dalam kesempatan ini kita akan membicarakan apa itu teknologi 5G, kemudian diikuti dengan keunggulan teknolgi 5G.

Dunia telah melihat banyak perubahan dalam ranah komunikasi. Hari ini kita tidak lagi menggunakan sambungan telepon rumah. Setiap orang memiliki ponsel yang berfungsi 24 jam sehari. Disamping itu handset kita tidak hanya membuat kita tetap terhubung dengan orang-orang tetapi berfungsi juga sebagai layanan entertain.

Dari  teknologi 1G sampai 2.5G dan dari 3G sampai 5G dunia telekomunikasi ini telah melakukan sejumlah pembaharuan seiring dengan peningkatan kinerja setiap harinya.

Teknologi 5G dipertimbangkan untuk menjadi jaringan lengkap untuk wireless mobile internet yang memiliki kemampuan untuk menawarkan layanan untuk mengakomodasi persyaratan potensial aplikasi tanpa mengurangi kualitasnya. Tujuan akhir dari 5G adalah merancang dunia nirkabel sejati, yang bebas dari rintangan generasi sebelumnya.

Apa Itu Teknologi 5G ?

Teknologi 5G merupkan suatu istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima yang akan menjadi trend kedepan. Saat ini, 5G tidak menunjuk ke tipe teknologi tertentu. Ketika 4G memiliki sinonim dengan LTE (Long Term Evolution), belum ada standar jaringan 5G yang disepakati bersama. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan. Jika dibandingkan dengan koneksi 4G, kualitas utama dari jaringan 5G adalah kecepatannya jauh di atas 4G. Kecepatannya akan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan yang ada saat ini.

Dugaan tentang kecepatan jaringan 5G muncul beragam, namun beberapa pemain kelas kakap industri ini menggambarkan tentang di mana posisi 5G. Memiliki kecepatan yang luar biasa, teknologi 5G lebih “smart” dan lebih hemat daya dibandingkan dengan teknologi 4G, menciptakan lebih banyak perangkat nirkabel (wireless). 5G dicanangkan akan mampu menciptakan lebih banyak smartphone dengan koneksi kencang, lebih banyak perangkat smarthome, serta perangkat nirkabel yang lebih tahan lama. Untuk publikasinya, diperkirakan awal peluncuran 5G ini akan mulai pada tahun 2020 mendatang.


Keunggulan Teknologi 5G

Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat
ini hal itu masih berupa konsep.Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat
beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu:
  • Kecepatan data yang lebih signifakan dari 4G.
  • Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik

Standarisasi 5G dari METIS

Mobile and wireless communications Enablers for Twenty-twenty (2020) Information Society (METIS), merupakan salah satu project konsorsium untuk standarisasi teknologi 5G, pendekatan teknologi ini berbasis dari evolusi teknologi yang telah ada untuk didesain menjadi konsep radio baru, berikut konsep yang dikembangkan dari METIS : Massal MIMO, Ultra Jaringan Padat, Jaringan Bergerak, Perangkat ke Perangkat, Ultra kehandalan, dan Massal komunikasi antar mesin.

Perkembangan sosial masyarakat telah berkembang kepada komunikasi jaringan nirkabel. Beberapa jenis lalyanan komunikasi seperti e-banking, e-learning, e-health dan lain-lain telah mendorong berbagai teknologi untuk mengakomodasi. Tidak sampai disana, permintaan masyarakat terhadap perkembangan informasi data dan hiburan (streaming) menjadi hal yang mutlak saat ini, sehingga kualitas layanan tidak dapat diabaikan begitu saja oleh pengelola operator telekomunikasi.

Lebih jauh akan diprediksi bahwa manusia akan menjadi pusat informasi itu sendiri (human-centric), dengan menggunakan perangkat komunikasi yang mengakibatkan komunikasi antar mesin semakin meningkat. Istilah lain yang lebih populer adalah Internet of Things (IoT), yang mempunyai prinsip lebih efisien, lebih nyaman dan lebih aman. Diperkirakan total pengguna yang terhubung dengan perangkat sekitar 50 milyar pada tahun 2020.


Roadmap 5G oleh METIS

METIS mendeskripsikan tentang teknologi 5G dilihat dari penyerapan pasar, kondisi sosial masyarakat, di sisi teknikal, dan kemampuan ekonomi dibagi menjadi :
  • Komunikasi Perangkat ke Perangkat. 
  • Massive Machine Communication (MMC)
  • Moving Networks (MNs).
  • Ultra Dense Network (UDNs).
  • Ultra-reliable Communication (URC)


Referensi

1.http://pmb.st3telkom.ac.id/id/teknologi-5g-tahukah-kamu/
2.http://studymafia.org/wp-content/uploads/2016/08/CSE-5G-Technology-Report-PDF.pdf
3.http://hudathree.blog.st3telkom.ac.id/wp-content/uploads/sites/642/2016/01/PAPER-SISKOM-5G.pdf

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments