-->

Informasi Serba Definisi

Memahami Pengertian Astronot dan Kosmonot

Memahami Pengertian Astronot dan Kosmonot

Serba Definisi kali ini akan membahas tentang istilah Astronot dan Kosmonot, apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang sama atau ada perbedaan antara Astronot dan Kosmonot.

Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas tentang istilah perbedaan antara pesawat ruang angkasa dan pesawat ulang alik. Maka pembahasan kali ini kita akan membahas orang yang terlibat dalam melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa yang biasa disebut dengan Astronot.

Sebagian dari kita ada juga yang mendengar kata Kosmonot, pastinya kita bertanya dimana letak perbedaannya.


Apa itu Astronot ?

Astronot  merupakan kata serapan yang mengacu kepada kata yang dalam bahasa inggris ditulis dengan "Astronout".  Dalam bahasa indonesia kita mengenal istilah lain yaitu : antariksawan.

Pengertian Astronout itu sendiri adalah orang yang terlatih untuk menjadi pilot pesawat ruang angkasa, melakukan perjalanan di pesawat ruang angkasa atau bekerja di ruang angkasa. Istilah ini pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1929, mungkin dalam fiksi ilmiah.Istilah Astronot mulai populer saat baru dibentuk National Aeronautics and Space Administration (NASA) .

Namun ada sumber yang menyebutkan penggunaan kata Astronout sudah digunakan pada tahun 1880 sebagai nama sebuah pesawat ruang angkasa dalam sebuah cerita fiksi yang ditulis oleh penulis Inggris yang bernama Percy Greg (1836-1889) dengan judul "Across the Zodiac."

Secara etimologi (asal usul kata) menurut etymonline, kata Astronout terdiri dari kata "Astro" yang berarti "Bintang" dan "Nautes" yang berarti "Penjelajah".

Istilah Astronot ini lebih kepada antariksawan yang dilatih oleh NASA.


Apa itu Kosmonot

Kita pasti pernah mendengar nama Yuri Gagarin yang merupakan orang pertama yang meluncur ke ruang angkasa. Yuri Gagarin ini berasal dari Rusia. Di negara Rusia,  tidak menggunakan istilah Astronot, tetapi menggunakan istilah Kosmonot untuk orang yang menjadi bagian dalam penerbangan luar angkasa.

Kosmonot merupakan kata serapan untuk menyatakan kata cosmonaut  (Inggris). Kata cosmonaut jika ditulis dalam bahasa Rusia adalah "kosmonavt".

Secara etimologi (asal usul kata), istilah Kosmonot (Kosmonaut) berasal dari kata "Kosmo" yang memiliki arti "Alam Semesta" dan "Nautes" yang memiliki makna "Penjelajah".

Jika di Amerika Serikat badan antariksanya kita sebut dengan NASA, di Rusia lebih dikenal dengan nama Roscosmos. Istilah lain untuk menyebut badan antariksa Rusia adalah FKA atau RKA yang merupakan rujukan untuk menyatakan Russian Federal Space Agency.

Jadi isitlah Kosmonot ini lebih mengacu kepada antariksawan yang dilatih oleh Roscosmos.


Kesimpulan

Secara fungsi istilah kata Astronot dan Kosmonot tidak memiliki perbedaan, sama-sama merupakan orang yang dilatih untuk melakukan perjalanan ke ruang angkasa.

Istilah penyebutan antariksawan tiap-tiap negara juga berbeda-beda, seperti :
  • Taikonaout, istilah antariksawan di negera China
  • Spationaout, istilah antariksawan di negera Perancis
  • Vyomanaut,  istilah antariksawan di negera India
  • Angkasawan, istilah antariksawan di negera Malasyia

Share this: