-->

Informasi Serba Definisi

Memahami Apa Itu Deep Web ?

Memahami Apa Itu Deep Web ?

Serba definisi kali ini akan membahas tentang apa itu deep web dan bagaimana cara mengakses deep web ?.

Saat ini kita sering mengandalkan internet untuk meengakses informasi tertentu. Hal ini dimungkinkan dengan kehadiranya miliaran domain  web yang menyajikan informasi yang kita butuhkan. Terlebih dengan kehadiran search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu dan Yandex, yang mempercepat proses pencarian informasi yang kita butuhkan.

Bisa dikatakan dunia web itu seperti planet bumi, kita dapat berpergian dari satu domain ke domain lain untuk mencari informasi. Namun tidak semua domain yang mungkin kita lakukan kunjungan, bahkan beberapa diantaranya sangat beresiko alias tidak aman.

Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan isitlah apa itu deep web ?. Sekilas deep web ada yang menduga sebuah nama domain web. Untuk itu serba definisi akan menguraikannya tentang apa yang dimaksud dengan deep web ?.


Apa itu Deep Web ?

Deep Web adalah bagian dari konten web atau domain web yang tidak terindex oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Dan untuk membukanya tidak mudah dengan menggunakan browser biasa.

Walaupun tidak terindex oleh search engine, namun Deep Web terbuka dan dapat diakses oleh publik, maka untuk membukanya kita harus mengetikkan langsung urlnya pada suatu browser khusus.

Rata-rata web yang berada pada kategori Deep Web sudah menyembunyikan identitasnya. Walaupun kita dapat mengaksesnya, namun sangat  tidak mungkin mengetahui siapa admin web tersebut. Mereka menggunakan Tor encryption tool dalam hal menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi yang sesungguhnya.

Web-web yang biasa kita akses seperti blogspot.com, facebook.com bahkan bing.com dan google.com disebut dengan surface web. Jadi web tersebut dianggap kategori dibagian permukaan WWW (World Wide Web). Sedangkan web yang kategori Deep Web memiliki kuantitas lebih banyak menurut hasil penelitian dari University of California, Berkeley pada tahun 2001.

Apa isi dari Deep Web ?

Jika web yang dibuat tidak ingin diindex oleh search engine dan berusaha untuk menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi, hampir bisa dipastikan bahwa konten web tersebut mengandung sesuatu yang dilarang  oleh hukum kebanyakan negara atau bertentantangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Nah dalam Deep Web, kita akan dengan mudah menemukan konten internet seperti : perdagangan narkoba, pornografi ilegal dan hal-hal lainnya yang bersifat ilegal. Intinya dalam Deep Web, semua tanpa sensor dan tanpa ada filter sama sekali.

Jika kita mengunjungi web pada kategori Deep Web, maka resiko terinfeksi virus juga sangat tinggi. Karena di Deep Web sangat  banyak beredar virus-virus yang berbahaya dan mematikan.

Mengapa Deep Web tidak dapat Diindex ?

Seperti yang diutarakan diatas, web-web yang berada pada kategori Deep Web memang sengaja didesain oleh penciptanya agar tidak dapat diindex oleh search engine seperti Google, Bing, Yandex, Baidu, Yahoo dan beberapa search engine lainnya. Ada beberapa hal yang mendasari kenapa tidak terindex, yaitu :
  • Pembuat web sengaja menyisipi script atau code berbahaya, sehingga beberapa search engine tidak akan mengcrawl domain web tersebut.
  • Pembuat web sengaja memasng script agar bot-bot dari search engine tidak dapat mengaksesnya.
  • Pembuat web telah mengenkrip file-file webnya agar tidak dapat dikases oleh search engine.

Share this: