-->

Informasi Serba Definisi

Jenis-Jenis Laptop Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Jenis-Jenis Laptop Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Serba definisi kali ini akan mengupas tentang jenis-jenis laptop yang mungkin anda belum ketahui.

Saat ini kebutuhakan akan laptop bukanlah menjadi permasalahan gaya hidup trendi, tetapi lebih kepada kebutuhan atau dukungan dalam mengerjakan sesuatu. Dengan didukung harga yang relatif lebih terjangkau, menjadikan laptop saat ini bukanlah barang mewah.

Dari berbagai jenis atau model laptop yang beredar, kita harus mengetahui dengan baik jenis laptop apa yang sebaiknya kita miliki. Sehingga spesifikasi laptop yang kita butuhkan telah memenuhi keinginan kita.


1. Netbook

Ukuran layar pada Netbook rata-rata pada ukuran 10-12 inch dan umumnya processor yang digunakan adalah Intel Atom. Karena ukurannya yang relatif kecil, tentunya memiliki berat yang lebih ringan. Ciri khas lainnya dari Netbook adalah tidak memiliki DVD Rom/ Optical Drive.

Penggunaan Netbook lebih ditujukan kepada pengguna yang membutuhkan aplikasi yang standar seperti menjalankan Office dan Browsing. Netbook tidak cocok untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti Corel Draw, Photosop dll.

2. Notebook

Notebook adalah istilah yang sering kita tujukan kepada Laptop secara umum yang biasanya memiliki ukuran layar mulai dari 14-19 inch. Penggunaan notebook bergantung kepada kebutuhan user. Berdasarkan spesifikasi notebook yang menjadi kebutuhan user, maka notebook dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu :
  • Standard Performance
    Tipe Notebook yang tergolong dalam standard performance sangat sesuai bagi kita yang membutuhkan aplikasi  seperti mengetik, browsing, aplikasi editing image, dsb. Sepintas beberapa kebutuhannya dapat ditangani oleh Netbook. Namun pada netbook, respon time atas suatu proses sedikit lebih berat. Terlebih apabila kita melakukan multitasking, karena dukungan processor yang kurang memadai.

    Dengan demikian. Laptop ini sangat sesui bagi para pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan software standard dan membutuhkan respon time yang cepat dari multitasking. Pada kategori notebokk ini, karena memiliki grafis yang standar, maka kita dapat memainkan beberapa game yang tidak  membutuhkan spesifikasi grafis tinggi.

  • High Performance
    Kategori notebook atau laptop high performance ditujukan bagi anda yang kurang puas kinerja dari laptop standard performance. Pada kategori ini anda akan merasakan proses memainkan game 3D yang lebih smooth, kemampuan multitasking yang lebih bagus, develop program android dengan android studio menjadi lebih ringan dll.

    Pada laptop ini pastinya dilengkapi hardware dengan spesifikasi yang tinggi, biasanya menggunakan processor i7 Extreme atau i5.  Pada laptop kategori ini juga didukung  dengan ukuran memori yang besar, biasanya 1 TB dan 2 TB.  Spesifikasi RAMnya pun besar bisa hingga 4 GB - 8 GB. Optical drivenya adalah bluray dan bukan CD-DVD. Kartu VGA yang memiliki spesifikasi tinggi dan bisa menjalankan game berat.

    Tentunya spesifikasi yang tinggi akan sebanding dengan pengeluaran yang besar juga. Jadi kalau kebutuhan kita standar, sangat membuang-buang uang bila membeli notebook tipe high performance hanya untuk browsing dan mengetik.

3. Ultrabook

Satu hal yang paling mencolok dari Ultrabook adalah adalah ukurannya yang sangat tipis, sehingga sangat ringan dibawa kemana-mana. Walaupun ukurannya tipis, namun ultrabook memiliki teknologi yang canggih, memiliki kapasitas baterai yang dapat bertahan 4-5 jam. Disamping itu kemampuan read dan write-nya pun lebih cepat dari laptop biasa, karena pada ultrabook menggunakan SSD (Solid State Driver). Fungsi utama dari SSD ini adalah kemampuan transfer datanya lebih cepat dan juga tahan terhadap guncangan.

Ultrabook ini sangat sesuai bagi anda yang memiliki mobilitas yang tinggi, terutama bagi karyawan seperti sales yang selalu harus bertemu clientnya.


4. Notebook touchscreen

Sekilas Notebook touchscree ini mirip dengan tablet dari sebuah vendor HP. Walaupun demikian utilitas pada Notebook touchscreen lebih bagus performancenya dan lebih lengkap fungsinya.

Notebook ini dilengkapi layar sentuh sebagai salah satu alternatif untuk melakukan suatu operasi. Untuk pekerjaan yang lebih rumit yang membutuhkan keyboard, tersedi keyboard virtual. Walaupun demikian, jika anda merasa kurang nyaman dengan keyboard virtual, notebook touchscreen tetap dilengkapi dengan mouse dan keyboard secara fisik. Jadi kita dapat memanfaatkan pilihan mana yang lebih nyaman bagi kita.

Umumnya Notebook touchscree ini sudah disertai dengan Sistem Operasi Windows 8.1, karena beberapa fitur-fitur yang disediakan oleh Windows 8.1 memang dirancang untuk touchscreen.


5. Notebook Hybrid

Notebook Hybrid ini memiliki desain yang menarik, dimana kita dapat melepaskan (mencopot) bagian layarnya sebingga berfungsi layaknya  seperti tablet. Namun ada juga yang tidak dapat dicopot, namun dapat ditekuk 360 derajat sehingga menyerupai tablet juga.


Share this: