-->

Informasi Serba Definisi

Daftar KTT ASEAN Pertama Sampai Terakhir Beserta Hasilnya

Daftar KTT ASEAN Pertama Sampai Terakhir Beserta Hasilnya

Serba Definisi kali ini akan menyajikan daftar tabel KTT ASEAN sepanjang masa, dimulai dari KTT pertama sampai dengan yang terakhir.

Kita juga akan meyampaikan hasil dari setiap KTT (Konferensi Tingkat Tinggi ) ASEAN yang di adakan.

Namun sebelum kita menyajikan daftar KTT ASEAN dari awal sampai akhir sepanjang sejarah, terlebih dahulu kita akan memahami tentang : apa itu ASEAN, apa tujuan KTT ASEAN, Anggota ASEAN dsb.

Apa itu ASEAN ?

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yaitu merupakan suatu perkumpulan negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN ini adalah organisasi geo-politik dan ekonomi yang memiliki tujuan dalam rangka membantu peningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regional.

Kapan ASEAN didirikan ?

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di negara Bangkok.

Apa Tujuan dibentuknya ASEAN ?

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa.
  2. Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu dalam masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  4. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negara-negara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  5. Bekerjasama secara lebih efektif guna meningkatkan pemanfaatan pertanian dan industri mereka, memperluas perdagangan dan pengkajian masalah-masalah komoditi.
  6. Memelihara kerjasama yang erat dan berguna dengan berbagai organisasi internasional dan regional yang mempunyai tujuan serupa, dan untuk menjajagi segala kemungkinan untuk saling bekerjasama secara erat di antara mereka sendiri.
  7. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, profesi, teknik dan administrasi.
  8. internasional, memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi, serta meningkatkan taraf hidup rakyat mereka;
  9. Memajukan pengkajian mengenai Asia Tenggara.

Apa tujuan KTT ASEAN ?

Tujuan dari KTT ASEAN adalah membicarakan serta membahas permasalahan yang dihadapi bersama di ASEAN.

Daftar KTT ASEAN  Beserta Hasilnya

Daftar KTT ASEAN
No KTT ASEAN Tanggal Negara(Tuan Rumah) Hasil
1 KTT ASEAN ke-1 23-25 Februari 1976 Indonesia (Bali) Deklarasi Kerukunan ASEAN, Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (TAC), serta Persetujuan Pembentukan Sekretariat ASEAN.
2 KTT ASEAN ke-2 4-5 Agustus 1977 Malaysia (Kuala Lumpur) Pencetusan Bali Concord 1.
3 KTT ASEAN ke-3 14-15 Desember 1987 Filipina (Manila) Mengesahkan kembali prinsip-prinsip dasar ASEAN, Solidaritas kerjasama ASEAN dalam segala bidang, Melibatkan masyarakat di negara-negara anggota ASEAN dengan memperbesar peranan swasta dalam kerjasama ASEAN, dan Usaha bersama dalam menjaga keamanan stabilitas dan pertumbuhan kawasan ASEAN.
4 KTT ASEAN ke-4 27-29 Januari 1992 Singapura (Singapura) ASEAN dibentuk Dewan ASEAN Free Trade Area (AFTA) untuk mengawasi, melaksanakan koordinasi, dan Memberikan penilaian terhadap pelaksanaan Skema Tarif Preferensi Efektif Bersama (Common Effective Preferential Tariff/CEPT) menuju Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN.
5 KTT ASEAN ke-5 14-15 Desember 1995 Thailand (Bangkok) Membicarakan upaya memasukan Kamboja, Laos, Vietnam menjadi anggota serta memperkuat identitas ASEAN.
6 KTT ASEAN ke-6 15-16 Desember 1998 Vietnam (Hanoi) Pemimpin ASEAN menetapkan Statement of Bold Measures yang juga berisikan komitmen mereka terhadap AFTA dan kesepakatan untuk mempercepat pemberlakuan AFTA dari tahun 2003 menjadi tahun 2002 bagi enam negara penandatangan skema CEPT, yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.
7 KTT ASEAN ke-7 5-6 November 2001 Brunei (Bandar Seri Begawan) Mengeluarkan deklarasi HIV/AIDS, Mengeluarkan deklarasi Terorisme, karena menyangkut serangan terorisme pada gedung WTC di Amerika.
8 KTT ASEAN ke-8 4-5 November 2002 Kamboja (Phnom Penh) Pengeluaran deklarasi Terorisme, bagaimana cara-cara pencegahan, Pengesahan ASEAN Tourism Agreement.
9 KTT ASEAN ke-9 7?8 Oktober 2003 Indonesia (Bali) Pencetusan Bali Concord II yang akan dideklarasikan itu berisi tiga konsep komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar, yaitu Komunitas Keamanan ASEAN (ASC), Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC) dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASSC).
10 KTT ASEAN ke-10 29-30 November 2004 Laos (Vientiane) Program Aksi Vientiane (Vientiane Action Program) yang diluluskan dalam konferensi tersebut menekankan perlunya mempersempit kesenjangan perkembangan antara 10 negara anggota ASEAN, memperluas hubungan kerja sama dengan para mitra untuk membangun sebuah masyarakat ASEAN yang terbuka terhadap dunia luar dan penuh vitalitas pada tahun 2020.
11 KTT ASEAN ke-11 12-14 Desember 2005 Malaysia (Kuala Lumpur) Perjanjian perdagangan jasa demi kerja sama ekonomi yang komprehensif dengan Korea Selatan, memorandum of understanding (MoU) pendirian ASEAN-Korea Center, dan dokumen hasil KTT Asia Timur yang diberi label Deklarasi Singapura atas Perubahan Iklim, Energi, dan Lingkungan Hidup.
12 KTT ASEAN ke-12 11-14 Januari 2007 Filipina (Cebu) Membahas masalah-masalah mengenai keamanan kawasan, perundingan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), keamanan energi Asia Tenggara, pencegahan dan pengendalian penyakit AIDS serta masalah nuklir Semenanjung Korea.
13 KTT ASEAN ke-13 18-22 November 2007 Singapura (Singapura) Penandatanganan beberapa kesepakatan, antara lain seperti perjanjian perdagangan dalam kerangka kerjasama ekonomi dan penandatangan kerjasama ASEAN dengan Korea Center, menyepakati ASEAN Center.
14 KTT ASEAN ke-14 27 Februari-1 Maret 2009 Thailand (Cha Am, Hua Hin) Penandatanganan persetujuan pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Australia-Selandia Baru.
15 KTT ASEAN ke-15 23 Oktober 2009 Thailand (Cha Am, Hua Hin) Penandatanganan Deklarasi Cha-am Hua Hin tentang Peresmian Komisi HAM antar pemerintah ASEAN, Penandatanganan Deklarasi Cha-am Hua Hin tentang Penguatan Kerja Sama Pendidikan untuk mencapai Komunitas ASEAN.
16 KTT ASEAN ke-16 8-9 April 2010 Vietnam (Hanoi) Pembangunan kembali dan perkembangan yang berkelanjutan ekonomi ASEAN serta penanganan bersama perubahan iklim, Mempercepat realisasi pembentukan Masyarakat ASEAN pada tahun 2015, Mempercepat integrasi ekonomi ASEAN, membentuk pola yang mengadaptasi perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, Meningkatkan kerja sama ekonomi dan moneter Asia Timur, di antaranya ASEAN harus mempertahankan status intinya, dan Berupaya bersama masyarakat internasional mengatasi masalah global.
17 KTT ASEAN ke-17 28-30 Oktober 2010 Vietnam (Hanoi) Pembentukan Komunitas ASEAN tahun 2015 serta isu-isu kawasan dan internasional lainnya, Pembangunan Komunitas ASEAN yaitu ASEAN Connectivity, dan Peningkatan peran ASEAN dalam G-20.
18 KTT ASEAN ke-18 4-8 Mei 2011 Indonesia (Jakarta) Konektivitas ASEAN, Ketahanan Pangan dan Energi, Penyelesaian Konflik, Arsitektur Kawasan Asia Timur, people centered ASEAN, kerja sama penanganan bencana alam, kerja sama sub-kawasan, penyelenggaraan East Asia Summit, permohonan Timor Leste menjadi anggota ASEAN dan Permohonan pertukaran Keketuaan antara Myanmar dan Laos.
19 KTT ASEAN ke-19 17-19 November 2011 Indonesia (Bali) Pembentukan Masyarakat ASEAN dengan tiga pilar utama: politik-keamanan, ekonomi, dan sosial-budaya, Menyangkut masalah ASEAN Connectivity dan Piagam ASEAN, Penguatan pertumbuhan ekonomi di kawasan, menata arsitektur kerja sama kawasan yang lebih efisien dan efektif, menjaga stabilitas dan keamanan Asia Tenggara, penguatan peran ASEAN secara global, memperkuat ekonomi kawasan Asia Timur, membangun landasan dan tindakan nyata, mengatasi tantangan di kawasan, serta memelihara perdamaian, keamanan dan stabilitas dan ketertiban di kawasan Asia Timur.
20 KTT ASEAN ke-20 3-4 April 2012 Kamboja (Phnom Penh) Deklarasi Pnom Penh (Phnom Penh Declaration on ASEAN : One Community, One Destiny), Agenda Pembangunan Komunitas ASEAN (Phnom Penh Agenda on ASEAN Community Building), Drug-Free ASEAN 2015, Kerjasama antara Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Pembangunan Komunitas ASEAN.
21 KTT ASEAN ke-21 17-20 November 2012 Kamboja (Phnom Penh) Pembicaraan masalah pertikaian Laut Tiongkok Selatan, Penandatanganan dokumen bersejarah adopsi Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN (ADHR).
22 KTT ASEAN ke-22 24-25 April 2013 Brunei (Bandar Seri Begawan) Pembangunan dalam aspek apapun sebenarnya adalah untuk kepentingan dirinya dan masyarakatnya.
23 KTT ASEAN ke-23 9-10 Oktober 2013 Brunei (Bandar Seri Begawan) Membahas mengenai Komunitas ASEAN 2015, peran sentral ASEAN dan hubungannya dengan kawasan lain, serta isu-isu regional dan internasional terkini.
24 KTT ASEAN ke-24 10–11 Mei 2014 Myanmar (Naypyidaw) Mengesahkan Pernyataan bersama tentang pelaksanaan Komunitas ASEAN pada 2015, memberikan sumbangan pada perdamaian, keamanan, kestabilan, kemajuan dan kesejahteraan dikawasan (yang telah dibahas dalam KTT ASEAN Ke-23).
25 KTT ASEAN ke-25 12–13 November 2014 Myanmar (Naypyidaw) Deklarasi Nay Pyi Taw.
26 KTT ASEAN ke-26 26–27 April 2015 Malaysia (Kuala Lumpur/Langkawi) Membahas mengenai sentralisasi ASEAN dalam menanggapi sebuah permasalahan di Asia Tenggara.
27 KTT ASEAN ke-27 18–22 November 2015 Malaysia (Kuala Lumpur) Membahas mengenai peningkatan kerjasama dalam bidang intelejensi untuk menangkal tindakan terorisme.
28 KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 6-8 September 2016 Vientiane, Laos Mengagendakan penandatanganan dokumen 'The ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to disasters as one in the Region and outside the Region
29 KTT ASEAN ke-30 26-29 April 2017 Filipina Membahas tentang buruh migran
30 KTT ASEAN ke-31 11-14 November 2017 Filipina Menghasilkan penandatangan konsensus peerlindungan bagi pekerja migran di seluruh ASEAN
31 KTT ASEAN ke-32 25-28 April 2018 Singapura menghasilkan tiga dokumen yaitu Pernyataan Pemimpin ASEAN tentang Kerja Sama Keamanan Siber, Nota Konsep Jaringan Kota Pintar ASEAN (ASCN) dan Visi Pemimpin untuk ASEAN yang Berketahanan dan Inovatif

Share this: