Informasi Serba Definisi

Sebutkan Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena ?

Sebutkan Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena ?

Pembuluh darah arteri dan vena - Tutorial materi biologi kali ini akan membicarakan tentang pembuluh darah, dimana bahasannya adalah perbedaan pembuluh arteri dan vena.

Siapa yang tidak tahu darah, malah terkadang kita sendiri mengeluarkan darah ketika luka seperti terjatuh ketika bersepeda.

Lalu pernahkah anda perhatikan ketika orang diinfus ?

Ketika seseorang sakit dan perlu dirawat di rumah sakit, tentunya diinfus merupakan suatu keharusan. Ketika seorang perawat akan memasang infus, tentunya  harus ditemukan jalur pembuluh darah agar jarum infusnya dapat dipasang.

Pembuluh darah yang dicari ketika infus di pasang atau ketika kita hendak mendonorkan darah adalah "pembuluh vena".

Terkadang dalam beberapa kasus kita sering disuruh banyak minum agar mudah ditemukan pembuluh vena untuk memudahkan dalam pemasangan infus.

Ada orang-orang yang pembuluh venanya sulit ditemukan, dimana dalam istilah medisnya dikenal dengan sebutan DIVA (Difficult Intravena Access).

Alat bantu yang digunakan dalam pencarian pembuluh vena ini disebut dengan Vein Finder. Alat ini menggunakan lampu LED khusus yang aman digunakan, dan bisa menerawang pembuluh darah yang ada pada tangan.

Macam-macam vena :
  • Vena kava adalah pembuluh darah yang terhubung dengan serambi kanan jantung. Vena kava membawa darah miskin oksigen dan kaya karbon dioksida dari jaringan tubuh.
  • Venula adalah pembuluh darah yang berhubungan dengan kapiler.
  • Vena pulmonalis adalah pembuluh darah yang terhubung dengan serambi kiri jantung, tugasnya membawa darah kaya oksigen dari paru-paru.


Lalu pernahkan anda mendengar istilah urat nadi ?

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini, terkadang ada orang yang mencoba mengukur kecepatan denyut jantung dengan meraba urat nadi tersebut.
Namun demikian, cara yang lebih akurat dalam mendengarkan denyut jantung adalah dengan menggunakan stetoskop, sebuah proses yang dikenal sebagai ausculatation.

Pembuluh nadi yang sering kita sebutkan tersebut adalah pembuluh arteri. Arteri ini merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan darah yang dibawa oleh arteri kaya akan dengan oksigen, kecuali arteri pulmonalis.

Bila pergerlangan tangan terpotong dapat menyebabkan kematian karena pada pergelangan tangan terdapatnya arteri (penyalur darah dari jantung) dimana pembuluh ini tidak bersekat dan jika pembuluh ini tergores maka darahnya keluar langsung muncrat (maksudnya keluarnya langsung banyak dan susah dihentikan).

Macam-macam arteri :
  • Aorta adalah pembuluh darah yang terhubung dengan bilik kiri jantung, aorta membawa darah kaya oksigen ke jaringan tubuh.
  • Arteriol adalah Pembuluh darah yang berhubungan dengan kapiler.
  • Arteri pulmonalis adalah pembuluh darah yang terhubung dengan bilik kanan jantung, membawa darah miskin oksigen (O2) menuju paru-paru.


Lalu apa perbedaan pembuluh vena dengan arteri ?

Seperti yang kita ketahui pembuluh darah manusia terdiri dari tiga jenis yaitu : pembuluh arteri, kapiler dan vena. Ketiga jenis pembuluh darah tersebut memiliki peranan atau kegunaan masing-masing. Pembuluh arteri membawa darah dari jantung, pembuluh kapiler memungkinkan terjadinya pertukaran air dan bahan kimia antara darah dan jaringan, sedangkan pembuluh darah vena membawa darah dari jaringan kembali ke jantung.

Karena pembahasan kita dalam tutorial kali ini lebih difokuskan tentang perbedaan pembuluh arteri dengan vena, maka mari kita lihat perbedaan lebih mendalam antara kedua pembuluh tersebut (arteri dengan vena)
Perbedaan Arteri Vena
Tempat Tersembunyi di dalam jaringan Dekat permukaan tubuh, berwarna agak kebiru-biruan
 Fungsinya Menganngkut oksigen Mengankut karbondioksida
Dinding pembuluh Memiliki dinding pembuluh yang tebal dan juga elastis Memiliki dinding pembuluh yang tipis dan mudah mengalami peregangan.
Kandungan karbondioksida Miskin karbondioksida,kecuali pada arteri pulmonalis yang kaya karbondioksida Kaya karbondioksida, kecuali pada vena pulmonalis yang miskin karbondioksida
Kandungan oksigen Kaya oksigen kecuali pada arteri pulmonalis yang miskin oksigen Miskin oksigen kecuali pada vena pulmonalis yang kaya oksigen
Arah Aliran Darah Keluar Jantung Menuju Jantung
Denyut Bila berdenyut maka akan terasa Bila berdenyut kita tidak merasakan (tidak terasa)
Katup Tidak memiliki katup Memiliki katup yang ada di sepanjang pembuluhnya
Aliran Darah Deras Lambat
Jika Terluka Memancar Menetes
Diameter Pembuluh Lebih kecil dari vena Lebih besar dari arteri
Warna Merah terang Merah gelap
Kecepatan Pembekuan Pembuluh darah arteri lebih lambat membeku Pembuluh darah vena lebih cepat membeku dibandingkan arteri
Tekanan Lebih besar dari vena Lebih kecil dari arteri
Penamaan Sesuai dengan organ yang akan dilaluinya, contoh : arteri pulmonalis – artinya arteri tersebut akan melalui paru – paru Sesuai dengan organ yang ditinggalkannya, contoh vena pulmonalis – artinya vena tersebut baru meninggalkan paru – paru
Saluran  (lumen)  Sempit karena berdinding tebal Luas karena berdinding tipis


Referensi

1.https://mediskus.com/penyakit/fungsi-pembuluh-darah-arteri-dan-vena
2.http://xamthonemedicine.com/perbedaan-pembuluh-darah-arteri-dan-vena.html
3.http://www.kuliah.info/2016/02/pengertian-macam-perbedaan-arteri-dan-vena.html

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments