Informasi Serba Definisi

Memahami Perbedaan Komputer 32 Bit dan 64 Bit Secara Mendalam

Memahami Perbedaan Komputer 32 Bit dan 64 Bit Secara Mendalam

CPU 32 Bit dan 64 Bit - Postingan kita kali ini akan membahas tentang perbedaaan arsitektur komputer 32 bit dan 64 bit secara lengkap dan sedetil-detilnya.

Ketika kita mengatakan komputer 32 bit atau 64 bit, pada sesungguhnya yang dimaksud adalah processor atau biasa disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). Jika ditilik lebih dalam lagi masalah bit pada sebuah processor, sesungguhnya kita sedang membicarakan tentang register yang terdapat pada processor.

Jadi acuan 32 bit atau 64 bit bukanlah pada Sistem Operasi. Maksudnya adalah, kapan kita harus menggunakan installer 32 bit atau 64 bit termasuk untuk OS (Operating System) terletak pada arsitektur komputer kita.

Tadi dikatakan bergantung pada processor, sekarang muncul lagi kalimat terletak pada arsitektur komputer.  Bahkan terkadang ada juga yang mengatakan tergantung platform komputer kita.

Ketiga istilah tersebut lazim kita dengar, dan sering juga istilah tersebut dipertukarkan. Pada sesungguhnya ada perbedaan-perbedaan ketika kita menyebutkan ketiga isitlah tersebut.

Arsitektur komputer lebih mengacu kepada hardware, sedangkan Processor atau CPU adalah bagian dari komponen arsitektur komputer.

Lalu bagaimana dengan istilah platform ?

Platform lebih ditujukan kepada sistem arsitektur komputer beserta sistem operasi atau installer sistem lainnya yang digunakan oleh sebuah komputer.

Terlepas dari istilah-istilah di atas, yang jelas ketika kita menyebutkan komputer 32 bit atau arsitektur komputer 32 bit maupun platform komputer 32 bit, bahwa sesungguhnya 32 bit atau 64 bit tersebut adalah jenis processor yang digunakan oleh sebuah komputer.

Baiklah sekarang kita akan membahas beberapa poin penting tentang komputer 32 bit dan 64 bit. Untuk itu disini kita telah meringkas beberapa kata kunci yang penting tentang 32 bit dan 64 bit, yaitu :
Daftar Isi

Apa itu processor

Processor adalah komponen komputer yang penting, bertindak sebagai otak komputer dalam hal pengiriman dan penerimaan sinyal ke perangkat komputer lainnya agar kita dapat menjalankan semua fungsi-fungsi pada sebuah komputer dengan baik.

Kita dapat temukan prosesor ini pada sebuah socket yang melekat pada motherboard. Ketika anda menggunakan komputer atau perangkat mobile untuk mengirim email, mengambil gambar, posting online atau browsing Internet, prosesor anda-lah yang menangani semua data dan menjalankan semua program dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Ada sebuah analogi yang penulis kutip dari quora, dimana menggambarkan kinerja sebuah processor dan bagian komponen komputer lainnya.

Kita misalkan : Kantor Anda (secara keseluruhan) adalah sebuah PC. Di dalam kantor anda terdapat :
  • Anda sendiri bertindak sebagai CPU
  • Meja anda bertindak sebagai RAM
  • Filling cabinet kita umpamakan sebagai Hard Drive Anda dengan file / folder di dalamnya.
Ketika anda (Prosesor) mengambil file dari filling cabinet (Hard drive), dan meletakkannya di meja Anda (mewakili ruang kosong di RAM) untuk digunakan.

Anda bekerja dengan file di meja kerja Anda, jika Anda membutuhkan lebih banyak file, anda kembali ke filling cabinet. Meja Anda adalah tempat anda menyimpan apa yang sedang Anda kerjakan.

Jika meja anda terlalu kecil, otomatis anda tidak bisa banyak mengerjakan beberapa file / folder - setidaknya tidak begitu bagus. Anda harus terus-menerus bolak-balik antara meja kerja Anda (RAM), dan Filling Cabinet anda (Hard drive).

Jika kemampuan anda (Processor) terbatas, tentunya pekerjaan yang dapat diselesaikan juga terbatas. Nah disinilah kalau kecepatan processor besar kita ibaratkan dengan kondisi tubuh anda yang fit, tentunya pekerjaan yang dapat diselesaikan dapat berjalan dengan baik.

Kecepatan processor diukur dalam Hertz. Satu hertz adalah kecepatan dimana satu operasi dilakukan dalam satu detik. Biasanya kecepatan komputer diukur dalam giga hertz. 1 GHz adalah kecepatan yang dibutuhkan CPU untuk melakukan satu juta tugas sederhana. Sebuah "tugas sederhana" mencakup langkah terkecil yang bisa dilakukan prosesor.

Back to Content

Apa itu bit

Bit adalah unit data terkecil di komputer. Bit merupakan singkatan dari binary digit, yaitu suatu nilai terdiri dari 0 atau 1.

Jumlah bit dalam processor mengacu pada ukuran tipe data yang ditangani dan ukuran registernya. Register itu sendiri adalah area memori berkecepatan tinggi pada CPU, yang menampung data dan instruksi yang sedang diproses. Jadi semakin besar bit yang digunakan pada processor berarti sama halnya semakin besar ukuran register yang digunakan. Dengan semakin besar ukuran register, maka semakin cepat komputer bisa mengolah satu set data.

Back to Content

Arti 32 bit dan 64 bit

Karena kita sedang membicarakan tentang processor, maka maksud dari 32 bit disini adalah processor yang memiliki 32 bit. Karena arti dari 32 bit dapat dihubungkan juga kepada sejumlah warna yang terdapat pada GPU (Graphics Processing Unit).

Maksud dari processor 32 bit adalah processor yang mampu mentransfer 32 bit data per clock cycle. Clock cycle ini menyatakan kecepatan processor yang sering dinyatakan dalam satuan megahertz(MHz) atay gigahertz(GHz).

Setiap bit dapat memiliki dua nilai sehingga 32 bit memiliki nilai 232. Hasilnya setara dengan lebih dari 4 miliar nilai (4.294.967.296 dalam desimal dan 100000000 dalam heksadesimal).

Sedangkan processor 64 bit dapat mentransfer data lebih banyak dari processor 32 bit, yaitu sebanyak 64 bit data per clock cycle. Nilai 64 bit ini setara dengan 264 atau lebih dari 18 triliun.

Back to Content

Perbedaan Komputer 32 bit dengan Komputer 64 bit

Dari beberapa penjelasan di atas, kita telah mendapatkan beberapa perbedaan antara komputer yang menggunakan processor 32 bit dengan processor 64 bit, salah satunya adalah masalah kemampuan penanganan data.

Untuk perbedaan-perbedaan lain, dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Komputer 32 Bit Komputer 64 Bit
Jumlah RAM yang digunakan komputer 32 bit, yaitu hanya mampu didukung sampai dengan 4G. Jika RAM yang digunakan lebih dari 4 GB ,sistem akan tetap membacanya sebesar 4 GB Pada komputer 64-bit dapat menggunakan RAM lebih besar dari 4GB.
Dari sisi performa tentunya kalah dari komputer 64 bit Performa komputer 64 bit sangat ideal digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan komputasi besar seperti dalam kasus editing video dan rendering
Pada komputer 32 bit hanya dapat diinstall Sistem Operasi 32 bit Untuk komputer 64 bit kita dapat menginstall Sistem Operasi 64 bit dan juga Sisem Operasi 32 bit


Back to Content

Cara Mengecek Apakah Komputer 32 bit atau 64 bit

Disini yang kita maksud pengecekan komputer 32 bita atau 64 bit adalah komputer yang belum diinstall Sistem Operasi, sehingga tak ada satupun software yang dapat diinstall untuk melihat apakah komputer tersebut menggunakan processor 32 bit atau 64 bit.

Tutorial yang beredar kebanyakan mengecek komputer begitu Sistem Operasi telah diinstall. Misal kita hendak menginstall OS Windows, OS Windows 32 bit atau OS Windows 64 bit kah yang harus kita install. Kalau kita spekulasi dengan menginstall versi rendahnya dulu (OS Windows 32 bit), baru setelah itu kita cek, oh ternyata komputer kita support 64 bit. Tentunya hal tersebut bukanlah cara yang bijak.

Lalu bagaimana mengeceknya jika belum ada OS ?

Untuk mmengecek komputer 32 bit atau 64 bit:
  • Cek spesfikasi RAM yang digunakan
    Ketika anda membeli komputer, coba perhatikan detil spesifikasinya. Pastinya ada besarnya RAM yang digunakan. Seperti penjelasan di atas, komputer 64 bit bisa mendukung RAM diatas 4 GB. Jadi dari sini kita bisa menyimpulkan, jika komputer tersebut disertai dengan RAM di atas 4 GB, sudah pasti komputer tersebut 64 bit. Ketika anda membeli komputer, coba cek di spesikasi detilnya. Memang agak jarang dicantumkan

    Namun jika komputer tersebut disertai dengan RAM hanya sampai 4 GB pada saat pertama kali anda beli komputer tersebut, belum tentu komputer tersebut tidak support 64 bit. Kita harus mengecek kepastiannya pada website, karena sangat jarang dicantumkan 32 bit atau 64 bit pada spesifikasi product (baik di user's guide atau brosur).


  • Cek melalui website
    Khusus untuk processor intel, silahkan ikuti petunjuk berikut :
    1. kunjungi alamat : https://ark.intel.com/id/

    2. Lalu pada bagian search masukkan nama processor (lihat gambar di bawah ):

    3. Hasilnya dapat anda temukan apakah tipe processor yang telah kita input 32 bit atau 64 bit pada bagian Set Instruksi.
    Sedangkan untuk processor AMD, kita dapat memastikan bahwa processor tersebut support 32 bit atau 64 bit dengan cara melihat pada driver yang disertakan pada pembelian. Biasanya, jika komputer tersebut support 64 bit, tentunya ada driver untuk versi 64 bit.

Back to Content

Cara Cek OS 32 bit atau 64 bit

Terdapat banyak cara untuk mengecek apakah kita sedang menggunakan sistem operasi Windows 32 bit atau 64 bit. Namun dalam tutorial ini, kita hanya menunjukkan satu cara yang jarang diulas oleh kebanyakan tutorial, yaitu menggunakan command prompt pada Windows. Silahkan ketik kode berikut pada command prompt :
wmic os get OSArchitecture

Sehingga kita akan mendapatkan hasilnya seperti gamba di bawah ini :

Untuk proses pengecekan berapa bit OS linux yang sedang digunakan, terdapat juga banyak cara mengeceknya. Namun disini kita hanya menggunakan CLI Linux dengan mengetikkan kode berikut :
uname -m 

atau kode di atas sama fungsinya dengan kode di bawah ini :
arch

Back to Content


Referensi
1.https://www.techwalla.com/articles/what-is-the-purpose-of-a-computer-processor
2.https://www.quora.com/What-is-the-basic-function-of-RAM-processor-with-an-example
3.https://www.computerhope.com/jargon/b/bit.htm
4.https://www.fastwebhost.in/blog/how-to-find-if-linux-is-running-on-32-bit-or-64-bit/
5.https://www.howtogeek.com/198615/how-to-check-if-your-linux-system-is-32-bit-or-64-bit/

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments