Informasi Serba Definisi

Perbedaan Because Of dan Due to Beserta Contohnya

Perbedaan Because Of dan Due to Beserta Contohnya

Tutorial materi Bahasa Inggris kita kali ini akan membahas tentang perbedaan antara "Because Of" dengan "Due to" disertai juga dengan contoh pemakaiannya dalam kalimat. Kedua kata tersebut jika kita artikan dalam bahasa indonesia dapat bermakna "karena".

Banyak orang menyalahgunakan penggunaan "Because Of" dan "Due to" bahkan tanpa kita menyadarinya. Memang perbedaannya tidak terlalu kentara. Kendati demikian, aturan penggunaannya harus diikuti, terutama dalam hal penulisan formal.

"Because of" merupakan adverb (kata keterangan), dimana berfungsi untuk menjelaskan verb. Sedangkan "Due to" merupakan adjective (kata sifat) yang berfungsi menjelaskan kata benda.

Berikut ini ulasan yang dikutip  dari e-GMAT Blog tentang aturan penggunaan Because Of dan Due to.

Penggunaan "Due to" dalam kalimat

RULE 1 : Kata ""due to" hanya dapat digunakan untuk memodifikasi kata benda. Kata tersebut tidak boleh digunakan untuk menerangkan alasan dari sebuah tindakan dalam suatu klausa.

Dalam kalimat di atas, penggunaan  ‘due to’ kuran tepat.  Hal ini dikarenakan kalimat di atas digunakan untuk menjelaskan ‘why it is cold’. Dengan kata lain, kata ini digunakan untuk menjelaskan alasan di balik "kata kerja" atau "tindakan" dalam klausa tersebut. Tentu saja hal tersebut tidak benar.

RULE 2: Penggunaan "due to" dalam sebuah kalimat akan menjadi tepat jika kalimat tersebut akan menjadi logis jika kata "due to" digantikan dengan "caused by". Jika kalimatnya menjadi tidak tepat setelah diganti dengan "caused by", maka penggunaan ""due to" tidak tepat dalam kalimat tersebut.

Pada kalimat di atas, ketika "due to" diganti dengan "caused by", kalimatnya masih tepat atau masuk akal. Dengan demikian penggunaan kata "due to" dalam kalimat tersebut adalah tepat.

Penggunaan "Because of" dalam kalimat

RULE 3: Penggunaan kata "because of" digunakan untuk memodifikasi seluruh klausa. Dengan demikian, kita dapat menggunakan kata tersebut untuk menjelaskan suatu alasan dari suatu tindakan dalam klausa.


Kalimat pada RULE 1 di atas dapat diperbaiki dengan menggantikan "due to" dengan "because of". Sehingga sekarang, kata "because of" memodifikasi klausa yang menerangkan alasan mengapa cuaca dingin di Arizona.


Tip dan Triks

Due to selalu digunakan setelah verb to be
Because of tidak digunakan sesudah bentuk verb to be


Contoh Kalimat Penggunaan "Due to" dan "Because of"

  1. His antics were partially due to a burning need for adventure and a scrumptious scope for imagination.
  2. Ironically, Frank the frog could not croak a lullaby to tiny Ted the tadpole because of the frog in his throat.
  3. The laces were quite mad at the shoe because of the treatment they had been receiving as of late.
  4. The moon’s incessant yawning was due to all the overtime day shifts he had been working.
  5. Don’t be fooled; the dog’s dancing was due to the extremely hot pavement.


Referensin

1. https://e-gmat.com/blog/gmat-verbal/sentence-correction/idioms/due-to-vs-because-of
2. http://linguistech.ca/Tips+and+Tricks+-+Because+of+vs.+Due+to

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments