Informasi Serba Definisi

Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Dampak dan Manfaatnya

Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Dampak dan Manfaatnya

Serba definisi kali ini akan menengahkan pembahasan tentang materi geografi dengan pokok pembahasan tentang hujan asam.

Hujan merupakan suatu hal yang biasa kita alami, apalagi kita tinggal di negara tropis. Bahkan terkadang hujan yang turun begitu lebat dan terus menerus dapat menyebabkan kebanjiran yang luar biasa di suatu negara apabila sistem drainase dan daerah resapan airnya kurang memadai.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas jenis-jenis hujan. Nah dalam pembahasan kali ini khusus dikupas tentang hujan asam yang meliputi :
  • apa itu hujan asam
  • penyebab hujan asam
  • dampat atau kerugian hujan asam
  • manfaat atau keuntungan hujan asam

Apa itu hujan asam ?

Hujan asam dapat diartikan sebagai hujan yang memiliki tingkat derajat keasaman (pH) dibawah 5.6. Dengan demikian tetesan air hujan yang turun ke bumi sudah bersifat asam dikarenakan atmosfir yang tercemar,  dimana sebagian besar disebabkan oleh sejumlah besar belerang dan nitrogen yang dilepaskan oleh mobil dan proses industri.

Penyebab Hujan Asam

Hujan asam terjadi ketika belerang dioksida (SO2) dan Nitrogen oksida(NOX) dipancarkan ke atmosfer dan diangkut oleh arus angin dan udara. SO2 dan NOX bereaksi dengan air, oksigen dan bahan kimia lainnya untuk membentuk asam sulfat dan nitrat, setelah itu bercampur dengan air dan bahan lainnya sebelum jatuh ke tanah.

Sebagian kecil dari SO2 dan NOX yang menyebabkan hujan asam berasal dari sumber alami seperti gunung berapi, sedangkan penyumbanang terbesar hujan asam berasal dari pembakaran bahan bakar fosil.

Sumber utama SO2 dan NOX di atmosfer adalah:
  • Pembakaran bahan bakar fosil untuk menghasilkan listrik. Dua pertiga dari SO2 dan seperempat NOX di atmosfer berasal dari pembangkit listrik.
  • Kendaraan dan alat berat.
  • Manufaktur, kilang minyak dan industri lainnya.

Bentuk Deposisi Asam

Deposisi Basah
Bila bahan kimia asam tertiup di daerah yang memiliki cuaca basah, asam turun ke tanah berupa hujan, salju, kabut dan kabut.

Deposisi Kering
Di daerah di mana cuacanya kering, bahan kimia asam dicampur dengan debu atau asap dan jatuh ke tanah, menempel di tanah, bangunan, rumah, mobil, dan pepohonan.

Dampak Hujan Asam

Berikut ini adalah beberapa dampak atau kerugian dengan turunnya hujan asam :
  • Efek pada Lingkungan Perairan
    Hujan asam baik yang langsung turun pada badan air atau dilepaskan dari hutan, jalan dan ladang mengalir ke sungai, sungai dan danau. Selama periode waktu, asam terakumulasi dalam air dan menurunkan pH keseluruhan badan air. Tanaman air dan hewan membutuhkan tingkat pH tertentu sekitar 4,8 untuk bertahan hidup. Jika tingkat pH turun di bawah kondisi menjadi bermusuhan untuk kelangsungan hidup air. Kecenderungan hujan asam untuk mengubah pH dan konsentrasi aluminium sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi pH di permukaan air, sehingga mempengaruhi ikan dan juga bentuk kehidupan air lainnya. Pada tingkat pH di bawah 5, kebanyakan telur ikan tidak bisa menetas. PH yang lebih rendah juga bisa membunuh ikan dewasa. Limpasan hujan asam dari daerah tangkapan air ke sungai dan danau juga telah mengurangi keanekaragaman hayati karena sungai dan danau menjadi lebih asam. Spesies termasuk jenis ikan, tumbuhan dan serangga di beberapa danau, sungai dan sungai telah berkurang dan beberapa bahkan benar-benar dihilangkan karena hujan asam berlebih mengalir ke perairan.

  • Efek pada Hutan.
    Dapat menyebabkan pohon rentan terhadap penyakit, cuaca ekstrem, dan serangga dengan menghancurkan dedaunan , merusak kulit kayu dan menahan pertumbuhan pohon. Kerusakan hutan akibat hujan asam paling nyata di Eropa Timur - terutama Jerman, Polandia dan Swiss.

  • Efek pada Tanah
    Hujan asam sangat berdampak pada kimia dan biologi tanah . Artinya, mikroba tanah dan aktivitas biologis serta komposisi kimia tanah seperti pH tanah rusak akibat hujan asam. Tanah perlu mempertahankan tingkat pH optimum untuk kelangsungan aktivitas biologis. Ketika hujan asam meresap ke dalam tanah, itu berarti pH tanah yang lebih tinggi, yang merusak atau membalikkan aktivitas biologis dan kimiawi tanah. Oleh karena itu, mikroorganisme tanah yang sensitif yang tidak dapat beradaptasi terhadap perubahan pH terbunuh. Keasaman tanah yang tinggi juga mendenaturasi enzim untuk mikroba tanah. Pada tingkat yang sama, ion hidrogen dari hujan asam melepaskan mineral vital dan nutrisi seperti kalsium dan magnesium.

  • Efek pada Penutup Vegetasi dan Perkebunan
    Efek merusak dari hujan asam di tanah dan tingginya tingkat deposisi kering tanpa henti merusak hutan dataran tinggi dan tutupan vegetasi karena sebagian besar dikelilingi oleh kabut asam dan awan. Selain itu, efek hujan asam terhadap harmoni ekologis yang meluas telah menyebabkan pertumbuhan kerdil dan bahkan kematian beberapa hutan dan tutupan vegetasi.

  • Efek pada Arsitektur Bangunan
    Hujan asam pada bangunan, terutama yang dibangun dengan batu kapur, bereaksi dengan mineral dan menimbulkan korosi. Hal ini membuat bangunan menjadi lemah dan rentan terhadap kerusakan. Bangunan modern, mobil, pesawat terbang, jembatan baja dan pipa semuanya terkena hujan asam. Kerusakan yang tak tergantikan bisa disebabkan oleh bangunan peninggalan kuno.
  • Efek pada Kesehatan
    Bila di atmosfer, sulfur dioksida dan gas nitrogen oksida dan turunan partikelnya seperti sulfat dan nitrat dapat menurunkan jarak pandang dan dapat menyebabkan kecelakaan. Kesehatan manusia tidak terkena dampak langsung hujan asam karena air hujan asam terlalu encer. Namun, deposisi kering yang juga dikenal sebagai partikel gas di udara yang dalam hal ini adalah nitrogen oksida dan sulfur dioksida dapat menyebabkan masalah kesehatan serius saat dihirup. Tingkat deposisi asam yang intensif dalam bentuk kering di udara dapat menyebabkan masalah paru-paru dan jantung seperti bronkitis dan asma.

Manfaat Hujan Asam

Memang berbicara tentang hujan asam banyak kerugian atau dampak negatif yang terdapat dari hujan asam tersebut. Sisi positif atau satu- satunya manfaat yang dapat di peroleh dari hujan asam ini adalah dapat  melarutkan berbagai mineral yang mana hal ini sangat di butuhkan oleh tumbuhan dan juga binatang.


Referensi

1. http://www.conserve-energy-future.com/causes-and-effects-of-acid-rain.php
2. https://www.epa.gov/acidrain/what-acid-rain

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments