Informasi Serba Definisi

Apa itu negara Skandinavia, Nordik dan Perbedaannya

Apa itu negara Skandinavia, Nordik dan Perbedaannya

Pernahkan anda mendengar istilah negara Skandinavia ?.

Ya, negara-negara skandinavia tersebut berada di benua Eropa bagian utara.

Nah serba definisi kali ini akan membahas tentang apa itu negara Skandinavia atau mengapa negara tersebut diistilahkan dengan negara Skandinavia. Kita juga akan menelusuri apakah  negara Skandinavia tersebut sama dengan negara Nordik.

Apakah Swedia adalah negara Nordik atau Skandinavia?

Sebagian besar di dunia memperlakukan kata-kata "Nordik" dan "Skandinavia" secara setara atau dianggap istilah yang sama, tapi itu tidak benar. Tapi adakah definisi umum untuk membedakan kedua istilah tersebut ?

Apa itu Skandinavia ?

Ada dua cara untuk mendekati konsep Skandinavia:
  • secara geografis dan 
  • bahasa. 

Secara geografis, ada yang namanya Semenanjung Skandinavia yang meliputi :
  • Norwegia, 
  • Swedia dan 
  • Lapland (sebelah utara Finlandia). 
Dengan cara ini, Skandinavia hanya Swedia dan Norwegia.

Jika ditinjau dari sisi bahasa linguistik, bahasa Swedia, Denmark dan Norwegia memiliki kata yang umum, "Skandinavien", dengan makna umum: tanah Orang-orang Utara, yang bagi mereka Swedia, Denmark dan Norwegia. Inilah definisi Skandinavia yang paling disepakati.

Namun, pendefinisian negara Skandinavia berdasarkan pendekatan bahasa linguistik memiliki kerumitan tersendiri, dimana nantinya negara-negara yang termasuk ke dalam Skandinavia menjadi bertambah.

Contoh :
Bahasa Islandia juga berasal dari bahasa linguistik yang sama dengan bahasa Skandinavia. Oleh karena itu, beberapa orang memasukkan Islandia dalam isitlah Skandinavia tersebut. Selanjutnya, Swedia diucapkan di beberapa bagian Finlandia, karena bahasa Finlandia digunakan di beberapa bagian di Swedia. Definisi ekstrem, meski tidak benar, Skandinavia termasuk Finlandia.

Juga, secara budaya dan historis Swedia, Denmark dan Norwegia memiliki Game of Thrones mereka sendiri, di mana Islandia adalah bagian dari Norwegia dan Denmark di beberapa titik, dan Finlandia adalah bagian dari Swedia.

Lalu Apa itu Negara Nordik ?

Karena masih terdapatnya beberapa ketidaksejuan dalam mengistilahkan negara-negara Skandinavia, maka Prancis datang untuk menyelamatkannya dengan istilah lain: "Pays Nordiques", negara-negara Nordik, yang juga menjadi standar. Ini mengenkripsikan Skandinavia, Islandia dan Finlandia.

Jadi, ketika berbicara tentang Nordik , maka yang dimaksud adalah kita berbicara tentang Finlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Swedia, dan Kepulauan Faroe.

Kesimpulan

Istilah negara Skandinavia dengan negara Nordik tidaklah sama, walaupun sering kita temukan keduanya saling dipertukarkan.

Ketika berbicara tentang Skandinavia, maka negara yang lebih tepat dalam isitlah ini adalah : Norwegia dan Swedia.

Bila berbicara tentang negara Nordik, maka negara yang dimaksud adalah : Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, Islandia dan Kepulauan Faroe.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments