-->

Informasi Serba Definisi

Apa itu mitokondria, kloroplas, persamaan dan perbedaannya

Apa itu mitokondria, kloroplas, persamaan dan perbedaannya

Serba Definisi kali ini masih membahas dalam seputaran rumpun ilmu Biologi, yaitu tentang Mitokondria dan Kloroplas. Diharapkan setelah uraian atau penjelasan nantinya, kita dapat mengetahui apa itu mitokondria, kloroplas beserta persamaan dan perbedaan keduanya.

Seperti yang kita ketahui bahwa mitokondria dan kloroplas merupakan organela yang mengandung DNA, Ribosom dan semua komponen yang diperlukan untuk sintesis protein. Walaupun demikian, protein yang dikode dan dirakit di dalam kedua organela tersebut hanya merupakan sebagaian kecil dan total protein yang terdapat di dalam organela. Sebagian besar protein tersebut dikode dan inti dan disintesis di dalam sitoplasma.

Apa itu Mitokondria ?

Mitokondria (singular, mitokondria) sering disebut "powerhouse" atau pabrik energi sel. Tugas mereka adalah membuat pasokan adenosin trifosfat (ATP), molekul pembawa energi utama sel. Proses pembuatan ATP menggunakan energi kimia dari bahan bakar seperti gula disebut respirasi seluler, dan banyak langkahnya terjadi di dalam mitokondria.

Berikut ini adalah struktur dari mitokondria
  • Mitokondria mempunyai sistem membran ganda, membran luar adalah halus, membran dalam melipat ke dalam dan berbelit-belit, membentuk Krista.
  • Membran ganda dari mitokondria membentuk dua kompartemen yang diisi dengan cairan. Ruang di dalam kompartemen terletak antara membran luar dengan Krista, dan matrik mitokondrial pusat terbentuk oleh membran Krista dalam. Susunan ini memfasilitasi funsi mitokondria.
  • Sel dapat memiliki mitokondria dari sedikit sampai banyak, tergantung energi yang dibutuhkan oleh sel.
  • Mitokondria mengandung DNAnya sendiri dan ribosomnya dapat bereplikasi sendiri

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari mitokondria :
  • Mitokondria mengandung enzim-enzim yang diperlukan untuk memperoleh energi yang tersimpan dalam bentuk karbohidrat dan molekul bahan bakar yang lain dan menggunakan energi tersebut untuk membentuk ATP, suatu molekul yang dibutuhkan sel untuk bekerja.
  • Proses-proses ini merupakan bagian dari respirasi sel aerob, terutama dikenal sebagai siklus Kreb dan transport elektron.

Apa itu Kloroplas ?

Kloroplas adalah plastida yang mengandung klorofil. Plastida  itu sendiri ditemukan di dalam sel tumbuhan (sel binatang tidak memiliki plastida). Plastida merupakan organela yang dikelilingi membran yang menyimpan sesuatu.

Sel hewan tidak memiliki kloroplas. Kloroplas bekerja untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi gula yang bisa digunakan oleh sel. Seluruh proses ini disebut fotosintesis dan semuanya bergantung pada molekul klorofil di setiap kloroplas.

Jadi fungsi dari kloroplas adalah melakukan proses yang disebut fotosintesis.

Berikut ini adalah struktur dari kloroplas :
  • Kloroplas hanya terdapat pada sel-sel tumbuhan eukariotik, sel tumbuhan tinggi berisi 50-200 kloroplas. 
  • Kloroplas memiliki membran dalam dan luar dengan ruang yang kosong di antaranya. 
  • Di dalam kloroplas terdapat stroma, cairan padat di dalam kloroplas.
  • Kloroplas umumnya tersusun dekat vakuola sentral dengan lebar 2-4 µm dan panjang 5-10 µm.
  • Pada tumbuhan tingkat tinggi umumnya kloroplas berbentuk cakram (kira-kira 2 x 5 mm, kadang-kadang lebih besar), tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma tetapi bentuk dan posisinya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya.
  • Membran internal punya struktur yang seperti cakram dan disebut tilakoid. Cakram yang pipih ini bertumpuk untuk membentuk grana. Pigmen fotosintetik tersusun pada grana


Ringkasan / Kesimpulan

Dari berbagai uraian tentang kloroplas dan mitokondria, kita dapat menyederhanakan kesimpulan akan perbedaannya, yaitu :
  • Kloroplas mengandung membran tilakoid dan molekul pigmen, sedangkan membran mitokondria mengandung enzim pernafasan yang tidak ditemukan pada membran kloroplas. 
  • Kloroplas ditemukan pada hanya tanaman  sementara mitokondria ditemukan pada tanaman dan hewan.
  • Kloroplas menggunakan cahaya untuk menghasilkan ATP dan gula, sedangkan mitokondria menggunakan gula untuk menghasilkan ATP.
  • Kloroplas hanya ditemukan dalam organisme eukariotik fotosintetik, seperti tanaman dan ganggang hijau, sedangkan mitokondria ditemukan di setiap organisme eukariotik.
  • DNA pada kloroplas terletak di stroma, sedangkan pada mitokondria terletak di matriks 
  • Kloroplas membantu fotosintesis.


Referensi

1.http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310880/pengabdian/organela-sel-eukariotik.pdf
2.http://www.differencebetween.net/science/difference-between-mitochondria-and-chloroplast/
3.https://www.khanacademy.org/science/biology/structure-of-a-cell/tour-of-organelles/a/chloroplasts-and-mitochondria

Share this: