-->

Informasi Serba Definisi

Perbedaan Spam,Malware,Virus,Trojan dan Worm

Perbedaan Spam,Malware,Virus,Trojan dan Worm

Serba Definisi kali ini akan membahas tentang perbedaan antara spam, malware,virus, trojan dan worm.

Bisa dipastikan bagi yang memiliki komputer, pastinya sudah terinstall program atau software Antivirus seperti : Avira, Smadav, Avast, Kaspersky Lab dsb. Pada awal-awal perkembangan komputer, gangguan-gangguan yang kita hadapi lebih sering berurusan dengan virus. Namun saat ini ada banyak klasifikasi gangguan, dimana ada yang dikategorikan  spam, ada malware, ada trojan dan juga worm.

Melihat beberapa istilah diatas, kira-kira apa yang membedakan antara virus, spam, malware, trojan dan worm. Untuk itu kita perlu membahas definisi dari masing-masing istilah tersebut.

Pengertian Malware

Malware merupakan singkatan dari "Malicious Software", yang maksudnya mengarah kepada sebuah software atau perangkat lunak yang mencurigakan. Malware ini diciptakan dengan suatu tujuan tertentu dimana akan mencari kelemahan dari sebuah sistem. Pada umumnya malware dipakai untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.

Jadi dalam hal ini, Malware adalah software juga (installer) seperti Notepadd++, IDE Netbean. Namun hanya fungsinya saja yang menjadi pembeda, dimana Malware merupakan software yang diciptakan dengan tujuan jahat atau merugikan.

Pengertian Virus

Virus merupakan software yang yang dikategorikan merugikan, artinya Virus termasuk ke dalam kelompok Malware.

Jadi Virus adalah jenis malware yang sifatnya menginfeksi komputer yang mampu mereplikasikan diri. Sebuah virus dapat mengganggu sistem operasi komputer  anda dengan menggandakan diri, sehingga  space harddisk atau RAM  akan penuh, dengan demikian komputer akan berjalan sangat lambat bahkan bisa hang.

Seringkali virus menyamar sebagai game, gambar, lampiran email, URL website, file bersama atau link atau file dalam pesan instan.

Pengertian Trojan

Trojan adalah jenis malware yang dirancang untuk membuat pengguna berpikir mereka adalah program yang aman dalam menjalankannya. Trojan ini dapat diprogram untuk mencuri informasi pribadi dan keuangan, dan kemudian mengambil alih sumber daya file sistem komputer .

Jadi fungsi trojan lebih sebagai gerbang yang memfasilitasi program lain, seperti virus dan malware lainnya untuk masuk kedalam sebuah sistem. Dengan demikian sistem kita menjadi tidak aman lagi.

Pengertian Worm

Worm adalah malware yang dapat mereplikasi diri (menggandakan dirinya sendiri) dan untuk penyebarannya tidak memerlukan campur tangan dari user itu sendiri. Diman maksudnya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer ataupun jaringan komputer, maka worm ini dengan sendirinya mampu berpindah secara otomatis ke komputer lain yang berada dalam sebuah jaringan yang sama dengan sebuah komputer yang telah terinfeksi worm.

Yang membedakan worm dengan virus adalah kemampuan atau cara menginfeksinya. Worm hanya mampu menginfeksi sebuah komputer bila menemukan celah keamanan, namun jika celah celah keamanan (vulnerability) sudah diatasi dengan cara di patching, maka worm tidak dapat menginfeksi sistem tersebut. Hal ini berbeda dengan virus, dimana memiliki kemampuan lebih handal dari worm sekalipun sebuah sistem telah ditutupi celah keamanannya.

Pengertian Spam

Istilah spam sering digunakan dalam messaging, seperti : email dan aplikasi chatting. Spam lebih merujuk kepada sebuah pesan atau informasi yang tidak kenali pengirimnya dan informasi yang tidak kita diharapkan.

Informasi spam ini sering dikirimkan ke email atau aplikasi chatting dengan tujuan agar kita membaca secara lebih lanjut dengan mengklik link yang disertakan dalam pengirimannya. Motivasi dari pembuatan Spam sering kita jumpai dalam hal promosi sebuah produk.

Terkadang informasi dalam sebuah Spam yang kita terima dapat menjadi lebih bahaya apabila terdapat virus, spyware atau malware lainnya.

Share this: