-->

Informasi Serba Definisi

Pengertian Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Insektivora

Pengertian Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Insektivora

Rantai makanan dalam sebuah kehidupan merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup. Dari proses makanan yang dimakan oleh sebuah organisme, kita mengistilahkan dengan Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Insektivora.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini serba definisi akan membahas secara lengkap tentang apa yang disebut Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Insektivora beserta contoh masing-masingnya.

Pengertian Herbivora

Secara etimologi (asal usul kata), kata Herbivora berasal dari huruf latin yaitu : "Herba" dan "Vorare". Kata "Herba" mengandung arti "tumbuhan rerumputan" sedangkan kata "Vorare" bermakna "memakan".

Sehingga secara istilah biologi, Herbivora adalah organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tanaman pemakan tumbuhan. Sistem pencernaan pada Herbivora mampu mencerna sejumlah besar bahan tanaman yang mengandung serat dan pati yang mana menjadi sumber energi utama bagi makanan Herbivora.

Berdasarkan jenis makanannya, herbivora dapat dikelompokkan lagi menjadi:
  • Frugivora (pemakan buah), 
  • Granivora (pemakan biji), 
  • Nektivora (pengumpan nektar)
  • Folivora (pemakan daun).
Berikut beberapa contoh organisme yang termasuk kelompok herbivora: sapi, domba, kambing, rusa, kelinci,koala,  gajah, jerapah, kuda, dan panda.

Karakteristik umum yang paling sering dijumpai pada Herbivora adalah :
  • Memiliki geraham untuk mengunyah makanan menjadi lembut
  • Memiliki gigi seri dengan tujuan untuk memotong tanaman sebelum dikuyah

Pengertian Karnivora

Secara etimologi, kata Karnivora berasal dari bahasa Latin ;yaitu : "Carno" dan "Vorare".  Kata "Carno" yang memiliki makna "daging" sedangkankan  "Vorare" yang memiliki arti "memakan".

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Karnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging, dimana golongan hewan ini merupakan suatu  ordo atau bangsa mamalia .


Karakteristik umum yang paling sering dijumpai pada Karnivora adalah :
  • Taring, fungsinya seperti pisau yaitu untuk memotong-motong menjadi bagian kecil. Dalam hal ini hewan karnivora menggunakan taring untuk merobek daging mangsanya.
  • Cakar digunakan untuk mencengkeram mangsa ketika berburu.
Contoh hewan yang masuk kategori Karnivora : Singa, Harimau, Macan dsb. Jika karnivoranya adalah hewan laut maka hewan tersebut akan berkembang biak secara ovovivipar, dan juga mempunya ukuran tubuh yang besar (pengecualian untuk sejenis piranha). Contoh Karnivora pada hewaan laut adalah ikan hiu. Karnivora pada burung biasanya memiliki cakar yang tajam dan paruh yang runcing, contohnya burung elang.

Pengertian Omnivora

Secara etimologi, kata Omnivora berasal dari bahasa Latin ;yaitu : "Omnis" dan "Vorare". Kata "Omnis" memiliki arti "segala" dan edangkankan  "Vorare" yang memiliki arti "memakan".

Jadi Omnivora adalah adalah organisme atau hewan yang memakan segalanya, baik memakan daging maupun memakan tumbuhan. Hewan ini dapat berasal dari hewan darat dan hewan air. Hewan omnivora makan tanaman, tetapi juga makan daging.

Karakteristik Omnivora:
  • Berkembang biak secara ovipar
  • Berdarah panas/dingin, 
  • Mengerami telurnya
  • Ada berkaki dua dan ada juga yang berkaki empat
Contoh dari Omnivora adalah : Ayam, Babi, Tikus, Bebek, Musang, Angsa dsb.

Pengertian Insektivora.

Secara etimologi, kata Insektivora berasal dari bahasa Latin ;yaitu : "Insectum" dan "Vorare".  Kata "Insectum" memiliki arti "sejenis serangga" dan sedangkankan  "Vorare" yang memiliki arti "memakan".

Sehingga kita dapat mengambil kesimpulan bahhwa Insetivora adalah hewan yang memakan serangga atau organisme kecil lainnya. Pada dasarnya insektivora adalah salah satu jenis atau kategori dari karnivora.

Contoh yang paling sering kita lihat dari insektivora adalah  Cicak yang memakan nyamuk.


Share this: