-->

Informasi Serba Definisi

Apa itu Vlog dan Mengenal Aplikasi Vlog

Apa itu Vlog dan Mengenal Aplikasi Vlog

Serba definisi kali ini akan mengupas suatu topik tentang apa yang dimaksud dengan vlog beserta aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat vlog.

Pastinya diantara kita semua pernah melihat video-video di internet, seperti : video tutorial, video suatu peristiwa dsb. Dan rata-rata video tersebut mudah kita jumpai pada Youtube. Video-video yang beredar bukan hanya sekedar video yang dibuat oleh sebuah perusahaan, namun banyak sekali kita jumpai video-video tersebut dikerjakan oleh individu-individu yang memiliki talenta dalam membuat video.

Saat ini membuat sebuah video bukanlah perkara susah, ada banyak editor atau tool yang dapat kita gunakan dalam mengemas sebuah video sehingga melahirkan cerita visual yang menarik. Kalo dulu banyak orang membuat blog, sekarang trendnya mengarah ke video. Lalu apa hubungannya blog dengan video ?. Untuk itu dibawah ini akan diuraikan tentang vlog dalam kaintannya dengan blog.

Apa itu Vlog ?

Vlog adalah singkatan dari Video BLog, maksudnya adalah konten digital yang dibuat oleh seseorang untuk dibagikan dalam bentuk Video. Bisa dikatakan juga VLOG ini adalah Blog dalam wujud media Video. Jadi VLOG tidak begitu berbeda dengan BLOG, sama-sama merupakan konten digital yang sengaja ingin dishare ke khalayak ramai dan bisa diakses secara free. Perbedaannya hanya saja VLOG memanfaatkan media Visual dan Audio sehingga menjadi sebuah tontonan Video yang lebih asyik dilihat dibandingkan text seperti Blog.

Jika pada awal-awal seseorang membuat Blog lebih berbasis text yang disertai dengan gambar. Namun tren sekarang seiring dengan meratanya dan perkembangan kecepatan internet yang terus meningkat, maka mengakses sebuah Video tidak membutuhkan waktu yang lama.


 Apa itu Vlogging ?

Vlogging adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan proses pembuatan Vlog (Video Blog). Misalnya pembuatan video menggunakan Kamera atau Handphone maupun software screen recorder jika kita ingin membuat video penjelasan sesuatu yang keseluruhan visualnya berasal dari screen dari laptop.

Lebih lengkapnya, vlogging itu berhubungan dengan input (seperti : kamera, hp dsb), proses (editing video) sehingga melahirkan output berupa produk yang disebut dengan Vlog.

Apa itu Vlogger ?

Vlogger adalah orang yang membuat atau menghasilkan karya Vlog itu sendiri. Saat ini sudah banyak Vlogger tumbuh di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan popularitas Vlog sedang dalam tahap mengalahkan Blog.

Ada motivasi tertentu kenapa Vlog terus tumbuh, salah satunya adalah konten video tersebut dapat dimonetisasi sama halnya seperti Blog. Kecendrungan orang yang membutuhkan informasi tertentu akan lebih efektif dan menarik bila disajikan dalam bentuk Video ketimbang dalam bentuk text. Jadi tidak heran jika saat ini banyak orang yang mengupload video ke Youtube.

Mengenal Aplikasi Vlog

Untuk melahirkan sebuah produk Vlog, kita membutuhkan sebuah software untuk mengemas beberapa potongan video sehingga dikemas menjadi satu dan tersajikan dengan visual yang menarik.

Beberapa panduan software editing video yang dapat kita gunakan adalah :
  • Sony Movie Studio 13, aplikasi editing video berbayar yang tersedia dalam tiga edisi : Suite, Platinum dan Standard. Tentunya setiap edisi memiliki fitur yang berbeda.
  • Corel Video Studio, aplikasi berbayar yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat banyak sehingga akan mengesankan anda sebagai seorang vlogger professional.
  • Screencast-O-Matic, digunakan untuk merekam segala aktivitas yang dilakukan pada komputer (Screen recorder).
  • Filmora
  • DemoCreator juga merupakan screen recorder.
  • Windows Movie Maker, merupakan aplikasi 
  • Avidemux, aplikasi editing video yang free banyak menawarkan kebutuhan-kebutuhan yang sering diperlukan dalam proses editing video.

Share this: