-->

Informasi Serba Definisi

Apa itu Android Wear dan Manfaat Android Wear

Apa itu Android Wear dan Manfaat Android Wear

Pembahasan serba definisi dalam topik kita kali ini adalah seputaran tentang android wear yang saat ini sedang booming.

Tidak bisa dipungkiri lagi popularitas Android makin lama makin mencengkeram dalam semua lini device. Setelah keberhasilan Android dari sisi Smartphone. Saat ini OS Android dapat kita jumpai juga pada berbagai device lainnya, seperti : Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk Smartwatch.

Definisi Android Wear

Android Wear merupakan Sistem Operasi Android yang diperuntukkan untuk perangkat yang dapat dipakai pada tubuh manusia (Wearable Device).

Saat ini Android Wear masih banyak digunakan pada Smartwatch (jam tangan pintar), masih jarang kita jumpai pada perangkat lainnya. 18 Maret 2014 adalah hari di mana Android Wear pertama kali diumumkan.

Android Wear vs Google Glass

Mungkin timbul pertanyaan bagi kita, apakah ada bedanya antara Android Wear dengan Google Glass atau Android Wear merupakan revisi dari Google Glass, mengingat Google Glass merupakan wearable device juga yang dikembangkan oleh google.

Jika kita merujuk kepada halaman Developer Android Wear tentang cara mengembangkan aplikasi dengan menggunakan API (Application Programming Interface) Android Wear, maka sistem ini diperuntukkan bagi Smartwatch.

Google Glass dianggap sebagai sebuah projek atau prototipe yang masih berlanjut (living prototipe). Disamping itu pergerakan riset atau pengembangan dalam google glasss berjalan lambat, karena harga google glass yang tergolong mahal.

Kelebihan Android Wear

Tentunya jika kita akan membeli Smartwatch yang menggunakan android wear bertanya-tanya, apa keuntungan bagi saya dengan menggunakan Smartwatch tersebut ?.

Jika kita menggunakan Smartwatch secara standalone (mulai pada Android Wear versi 2.0) dalam artian tidak diintegrasikan dengan smartphone, maka ada beberapa manfaat seperti :
  • Ketika melakukan aktivitas olahraga jogging,berlari atau bersepeda, sistem ini dapat mencatat kecepatan secara real-time, serta jarak dan informasi yang akurat.
  • Dapat melakukan pengecekan tekanan darah
Dan masih banyak fungsi lainnya, semuanya tergantung dari fitur yang dikeluarkan oleh vendor yang membuat smartwatch yang menggunakan Android Wear. Saat ini ada beberapa partner yang membuat perangkat Android Wear yang bekerjasama dengan Google, beberapa diantaranya : 
  • Motorola 
  • Samsung
  • LG
  • HTC
  • Asus
  • Broadcom
  • Fossil
  • Intel
  • MediaTek
  • Imagination Technologies
  • Qualcomm.
Pada versi Android Wear sebelumnya (sebelum versi 2), Smartwatch tersebut harus terintegrasi dengan Smartphone untuk merasakan manfaat Smartwatch tersebut. Agar smartphone kita dapat di integrasikan dengan Smartwatch, maka smartphone anda harus memilik versi Android 4.3 ke atas.

Android Wear 2.0

Android Wear 2.0 diumumkan dalam sebuah pertemuan Google I/O 2016 dan mulai dirilis ke publik pada Februari 2017. Bisa dikatakan teknologi masih terlalu baru. Bagi Anda yang memiliki skill dalam pemrograman Android dan berkeinginan untuk mencoba membuat aplikasi dalam Android Wear, dapat mengunjungin situs Android Wear 2.0 Developer Preview

Seperti yang diutarakan diatas, pada Android Wear 2.0 tidak harus disinkronisasikan dengan Smartphone untuk merasakan manfaat fitur pada Smartwatch (dapat berjalan secara standalone).

Pada Android Wеаr 2.0 ѕudаh mengadopsi Mаtеriаl Dеѕign, sehingga akan menghasilkan interface yang lebih menarik.

Pada Android Wear 2.0, sebuah Smartwatch tidak hanya sekedar menampilkan informasi jam dan menit namun menampilkan juga indicator lain dalam bentuk icon. Misal informasi cuaca ditampilkan dengan gambar awan dan numerik derajat suhunya. Apabila hujan maka dalam bentuk icon Awan hujan. Teknologi ini disebut dengan Watch Face Complications

Share this: