-->

Informasi Serba Definisi

Memahami Pengertian Berat Jenis Benda

Memahami Pengertian Berat Jenis Benda

Pembahasan serba definisi kita kali ini akan menengahkan tentang pemahaman Apa itu berat jenis benda yang diserta dengan rumus dari berat jenis serta soal latihan tentang berat jenis benda. Dibahas juga denga pemahaman tentang perbedaan massa jenis dan berat jenis itu sendiri.

Terkadang kita menyamakan berat jenis dengan istilah massa jenis. Padahal kedua definisi tersebut tidaklah sama. Untuk memperkuat pendalaman perbedaan kedua istilah tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu maksud dari kedua istilah tersebut.

Pengertian Berat Jenis

Definisi berat jenis adalah perbandingan berat benda tersebut terhadap volume benda itu sendiri. Satuan sistem internasional untuk berat jenis adalah N/m3.

Pengertian Massa Jenis

Definisi massa jenis adalah perbandingan antara massa benda dengan volume benda. Satuan sistem internasional untuk berat jenis adalah kg/m3.

Perbedaan Berat Jenis dan Massa Jenis

Sepintas dari definisi, penekanan pembedanya adalah berat dan massa. Mari kita pahami perbedaanya lebih lanjut:
  • Massa jenis benda tetap. Dalam menghitung massa jenis ditekankan pada massa. Massa suatu benda tidak mungkin brubah dimanapun benda tersebut berada.
  • Berat jenis bisa berubah-rubah. Pada perhitungan berat jenis kita menekankan pada berat. Seperti yang kita ketahui berat benda bisa berubah, tergantung dimana letak benda tersebut berada. sesuai dengan letak benda itu terhadap pusat bumi.  Hal ini disebabkan adanya perbedaan besar gaya gravitasi bumi yang tergantung pada jarak pusat massa terhadap bumi. Sebagai contoh, berat benda di bumi pasti akan berbeda dengan berat benda di bulan. Karena gravitasi di dua tempat tersebut berbeda, dimana gravitasi di permukaan bumi adalah 9,8 m/det2sedangkan dibulang adalah 4,6 m/det2

Rumus Berat Jenis

Berikut ini adalah formula atau suatu cara untuk menghitung berat jenis
S = WV
S  = berat jenis dengan satuan N/m3
W = berat benda dengan satuan newton
V  = volume benda dengan satuan m3

Contoh Soal Berat Jenis

1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 25 cm, berat kubus tersebut adalah 6,4 newton. Hitunglah berat jenis kubus tersebut

Pembahasan :
Diketahui : panjang sisi kubus (p) = 5 cm, dalam satuan meter p = 0,25 m
W = 6,4 newton
Ditanyakan S =...?

Jawab :
V = p x p x p
V = 0,25 x 0,25 x 0,25
V = 0,0156 m3
S = WV
S = 6,40,0156
S = 410,26 N/m3

Jadi berat jenis kubus adalah 410,26 N/m3

2. Sepotong besi mempunyai berat jenis 7.105 N/m3. Volume besi tersebut adalah 75 cm 3. Berapakah berat besi tersebut ?.

Pembahasan :
Diketahui : S=7.105N/m3, dan V = 75 cm 3 dirubah kedalam meter V=75.10-6 m3
Ditanyakan W =...?

Jawab:
S =WV
W = S.V
W = 7.105 x 75.10-6
W = 52,5 newton

Jadi berat besi tersebut adalah 52,5 newton

Share this: