-->

Informasi Serba Definisi

Arti dari kata Daring dan Luring serta perbedaannya

Arti dari kata Daring dan Luring serta perbedaannya

Pembahasan serba definisi kali ini akan mengetengahkan tentang arti kata dari Daring dan Luring serta beda kedua kata tersebut.

Pernahkah anda mendengar istilah daring dalam kalimat berikut :"Pembelajaran kuliah secara daring", "Guru tersebut harus mengikuti Program Guru Pembelajar Moda Daring".

Lalu pernahkah anda mendengar istilah luring dalam kalimat berikut : "Setelah anda mengunduh (download), silahkan dicoba secara luring".


Nah untuk memahami arti dari kedua kata tersebut (daring, luring), mari kita pahami definisi masing-masing kata tersebut.

Definisi kata Daring ?

Daring sering merupakan kepanjangan dari "dalam jaringan", dimana kata daring ini untuk menggantikan kata "online" yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet.

Jadi kalau kita mendengar kalimat "pembelajaran daring", maksudnya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online seperti menggunakan edmodo.Edmodo sendiri adalah sebuah web yang menyedikan platform pembelajaran mirip jejaring sosial yang dapat kita gunakan secara gratis. Disini segala materi didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online (seperti fasilitas chat facebook) dan ujian juga secara online.


Definisi kata luring ?

Luring ini merupakan kepanjangan dari "luar jaringan", dimana kata luring ini untuk menggantikan kata "offline". Kata "luring" merupakan lawan kata dari "daring".

Karena kata "luring" ini untuk menggantikan kata dari bahasa inggris "offline", maka makna kata "luring" tersebut sama sekali tidak dalam kondisi terhubung ke internet maupun intranet. Karena masih ada sebagian orang mengklasifikasikan "daring" sebagai online yang terhubung internet dan "luring" dianggap sebagai intranet. Intranet merupakan terminologi dalam dunia informatika bidang jaringan yang merujuk kepada sebuah kondisi saling terhubung dengan jaringan dalam cakupan yang terbatas. Misal, pengisian khs mahasiswa hanya bisa dilakukakn secara intranet, artinya hanya bisa diakses dalam jaringan kampus.

Untuk memahami makan kata "daring" dan "luring" dengan benar, silahkan perhatikan Gambar.1 dan Gambar.2 dibawah ini :


(Gambar.1 Belajar Web Secara Daring)

Coba perhatikan garis merah pada url address bar. Disini kita  membuka website w3school.com untuk mempelajari materi yang berkaitan dengan web secara online. Karena kita terhubung internet.

Sekarang, coba anda perhatikan Gambar.2 dibawah ini :


(Gambar.2 Belajar Web Secara Luring)

Perhatikan garis biru pada url bar. Disini website w3school.com telah kita unduh (download) dengan menggunakan sebuah tool, kemudian disimpan di komputer kita. Kemudian kita mempelajarinya tanpa terhubung dengan internet maupun intranet. Jelas sekali, alamat urlnya :file:///D:/E-Book/w3schools_offline........, dimana dimulai dengan kata file kemudian diikuti nama drive dan folder. Artinya, materi w3school.com tersimpan dikomputer kita, tidak lagi terhubung ke sebuah jaringan. Inilah arti sesungguhnya makna "luring".

Share this: