-->

Informasi Serba Definisi

Pengertian Tabel Periodik dan Manfaatnya

Pengertian Tabel Periodik dan Manfaatnya

Dalam pelajaran kimia pasti kita sering bergelut dengan unsur-unsur kimia. Biasanya unsur-unsur kimia tersebut disajikan dalam bentuk tabel. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas:
  • Pengertian tabel periodik
  • Perbedaan periode dan golongan
  • Manfaat tabel periodik

Pengertian tabel periodik ?

Tabel periodik adalah tabel yang menampilkan unsur-unsur kimia yang pada awalnya diatur dalam urutan berat atom, namun sekarang sesuai dengan nomor atom. Tabel periodik memiliki baris (kiri ke kanan) dan kolom (atas dan bawah). Tiap-tiap baris memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya, berilium (Be) dan magnesium (Mg) ditemukan dalam kolom dua dan berbagi kesamaan tertentu sementara kalium (K) dan kalsium (Ca) dari baris keempat memiliki karakteristik yang berbeda dari baris kedua.

Tabel periodik disusun dalam urutan meningkatnya nomor atom. Unsur-unsur kimia dengan sifat yang serupa (karakteristik) disusun dalam kolom yang sama (disebut golongan), dan unsur-unsur dengan jumlah yang sama dari kulit elektron disusun dalam baris yang sama (disebut periode).

Perbedaan Periode dan Golongan

Periode adalah:
  • Merupakan  lajur horizontal pada tabel periodik.
  • Terdiri 7 periode. Masing-masing periode menyatakan jumlah/banyaknya kulit atom unsur-unsur yang menempati periode-periode tersebut.

Golongan adalah :
  • Sistem periodik terdiri atas 18 kolom vertikal yang terbagi menjadi 8 golongan utama (golongan A) dan 8 golongan transisi (golongan B).
  • Unsur-unsur yang mempunyai elektron valensi sama ditempatkan pada golongan yang sama.
Unsur-unsur golongan A mempunyai nama lain yaitu :
Golongan Nama lain
Golongan IA Golongan Alkali
Golongan IIA Golongan Alkali Tanah
Golongan IIIA Golongan Boron
Golongan IVA Golongan Karbon
Golongan VA Golongan Nitrogen
Golongan VIA Golongan Oksigen
Golongan VIIA Golongan Halida/Halogen
Golongan VIIIA Golongan Gas Mulia

Manfaat tabel periodik 

Berikut ini adalaah manfaat kenapa unsur-unsur kimia tersebut dibuat dalam sistem tabel periodik:
No. Manfaat
1. Tabel tersebut menunjukkan mengapa unsur-unsur kimia berada dalam golongan yang memiliki karakteristik yang sama. Tabel tersebut juga menunjukkan bagaimana dan mengapa sifat-sifat unsur kimia berbeda dalam periode yang sama.
2. Memprediksi harga bilangan oksidasi dari nomor golongan suatu unsur, baik unsur utama maupun unsur transisi, menyatakan bilangan oksidasi tertinggi yang dapat dicapai oleh unsur tersebut. Hal ini berlaku bagi unsur logam dan unsur non logam.
3. Mencari bilangan oksidasi terendah yang dapat dicapai oleh suatu unsur bukan logam adalah nomor golongan dikurangi delapan. Adapun bilangan oksidasi terendah bagi unsur logam adalah nol. Hal ini disebabkan karena unsur logam tidak mungkin mempunyai bilangan oksidasi negatif.

Share this: