-->

Informasi Serba Definisi

Memahami Pengertian Massa Atom dan Berat Atom

Memahami Pengertian Massa Atom dan Berat Atom

Postingan mata pelajaran kimia kali ini akan membahas tentang massa atom dan berat atom

Kita tahu bahwa atom adalah partikel yang terdiri dari inti proton dan neutron yang dikelilingi oleh awan elektron. Atom adalah partikel dasar dari unsur-unsur kimia, dan unsur-unsur kimia dibedakan satu sama lain dengan jumlah proton yang ada di atomnya.

Lalu kira-kira apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan massa atom dan berat atom, serta bagaimana cara menghitung massa atom.

Pengertian massa atom ?


Massa atom adalah massa total dari proton, neutron, dan elektron dalam suatu elemen. Satuan yang digunakan massa atom adalah atomic mass unit yang dilambangkan dengan AMU atau amu.

Apa itu IUPAC


IUPAC yang merupakan kepanjangan dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) adalah otoritas dunia dalam nomenklatur dan terminologi kimia, termasuk penamaan unsur-unsur baru dalam tabel periodik; pada metode standar untuk pengukuran.

Lalu apa hubungannya dengan massa atom ?

Lembaga IUPAC telah menetapkan 1 atomic mass unit (AMU) adalah
1 / 12
dari massa atom Carbon-12. Jadi bisa kita tulis :
1 AMU =
1 / 12
x massa C-12

Perlu kita ketahui bahwa dalam inti atom C-12 mengandung enam proton dan enam neutron

Cara menghitung massa atom ?


Untuk menghitung massa atom dari sebuah elemen, massa semua isotop harus diperhitungkan. Oleh karena itu massa atom adalah sebuah massa rata-rata. Untuk mendapatkan massa rata-rata ini, persentase isotop yang diketahui dari sebuah elemen bersama dengan massa masing-masing harus dijumlahkan dan dirata-ratakan ke bawah. Massa sebuah elektron sangatlah kecil sehingga dapat diabaikan dan tidak dimasukkan ke dalam perhitungan.

Apa itu berat atom ?


Definisi berat atom tidak sama dengan massa atom, sehingga terkadang banyak yang menggunakan istilah berat atom untuk massa atom, begitupun yang seharusnya massa atom digunakan istilah berat atom.

Berat atom sering disebut juga juga disebut massa atom relatif. Berat atom adalah massa rata-rata semua isotop dari jenis tertentu. Ini adalah rata-rata tertimbang yang memperhitungkan kelimpahan semua isotop yang berbeda.

Apa itu nomor massa atom ?

Nomor massa atom (A) menyatakan jumlah proton dan neutron di dalam inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton di dalam inti atom. Nomor atom juga menyatakan jumlah elektron yang beredar mengelilingi inti atom.

Referensi
1. https://www.reference.com/science/atomic-mass-b1e61d52c1c7c9ba#
2. https://www.britannica.com/science/atomic-weight.
3. http://www.wikihow.com/Calculate-Atomic-Mass

Share this: